Kamu Harus Tahu, 10 Jawaban Ini Bisa Atasi Bisikan Setan




KabarMakkah.Com – Sesungguhnya setan akan membisikkan kepada telinga-telinga manusia dengan tujuan agar manusia merasa was-was, ujub dan berbagai akibat buruk lainnya. Setan memang sengaja melakukan itu semua agar ia memiliki teman nanti di neraka dan memang setan telah membuat perjanjian kepada Allah bahwa ia akan terus menggoda anak cucu Adam hingga semuanya masuk neraka.

Kamu harus tahu, 10 Jawaban Ini Bisa Atasi Bisikan Setan

Jika kita sering mendapatkan bisikan yang membuat hati was-was ataupun hal yang lainnya, maka setidaknya ada 10 cara untuk mengatasi atau menjawab bisikan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh seorang ulama kepada murid-muridnya.

1. Anakmu Mati

Apabila setan datang kepada kita dan berkata, “Anakmu telah mati,” Maka katakanlah, “Sesungguhnya setiap makhluk hidup diciptakan untuk mati dan menurutku kematian anakku akan menghantarkannya ke surga. Itu sungguh membuatku bahagia.”

2. Hartamu Musnah

Apabila ia datang kepada kita dan berucap, “Hartamu musnah,” Maka katakanlah “Segala puji bagi Allah yang Maha Memberi dan Maha Mengambil. Dengan itu maka gugurlah kewajiban zakat atasku.”

3. Orang-Orang Mendzalimimu Namun Kamu Diam Saja

Ketika setan datang kepada kita dan membisikkan, “Orang-orang mendzalimi dan kau tidak sekalipun mendzalimi orang lain.”

Untuk menjawabnya, sampaikanlah “Siksaan sesungguhnya akan menimpa orang yang dzalim dan tidak berlaku bagi orang yang berbuat baik.”

4. Banyak Kebaikanmu

Ketika setan datang dan berkata, “Betapa banyak kebaikanmu” Sesungguhnya setan hendak membuat kita ujub atau bangga kepada perbuatan diri sendiri. Jawablah perkataan tersebut dengan kalimat, “Kejelekanku lebih banyak dibandingkan kebaikanku.”

5. Banyak Shalatmu

Saat setan datang dan membisikkan, “Alangkah banyak shalatmu.” Maka jawablah, “Kelalaianku lebih banyak dibandingkan dengan shalatku.”

6. Banyak Sedekahmu

Jika setan datang dan berkata, “Sungguh banyak kamu bersedekah kepada orang lain.” Maka segeralah katakan, “Apa yang Allah berikan kepadaku jauh lebih banyak dari sedekahku.”

7. Banyak Orang Mendzalimimu

Apabila setan berkata, “Banyak orang yang mendzalimimu.” Sungguh katakanlah kepada setan itu, “Orang yang kudzalimi lebih banyak.”

8. Banyak Amalmu

Ketika setan berkata, “Sungguh banyak amalmu.” Maka jawablah, “Hidupku lebih banyak digunakan berbuat maksiat.”

9. Minumlah Minuman Keras

Ketika ia datang dan merayu kita dengan perkataan, “Minumlah minuman keras untuk menghilangkan masalahmu.” Maka jawablah, “Aku tidak akan pernah mengerjakan kemaksiatan.”

10. Cintailah Dunia

Saat setan menghampiri dan berkata, “Cintailah dunia.” Jawablah dengan perkataan, “Aku tidak akan mencintainya karena telah banyak yang tertipu karenanya.”

Itulah beberapa bisikan setan yang seringkali disampaikan lewat telinga manusia agar mereka bisa menimbulkan rasa was-was, takut berlebih dan rasa buruk yang lainnya.

Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari berbagai bisikan kejahatan setan.

Wallahu A’lam





loading...