Inilah Manfaat Wudhu Berdasarkan Pandangan Medis




KabarMakkah.Com – Wudhu adalah salah satu amalan yang dilakukan sebagai syarat untuk melaksanakan ibadah shalat. Secara umum, wudhu juga sering dikaitkan dengan makna membersihkan tubuh dari berbagai hadast kecil.

Wajib hukumnya melakukan berwudhu apabila seseorang hendak shalat. Ternyata selain berbuah pahala, wudhu juga sangat bermanfaat jika dilihat dari kacamata medis. Manfaat apa saja yng bisa diperoleh? Inilah penjelasannya.

Inilah Manfaat Wudhu Berdasarkan Pandangan Medis

1. Berkumur Bantu Hilangkan Bakteri Dalam Mulut

Berkumur merupakan salah satu bagian wudhu yang sangat penting. Selain menjaga kesehatan mulut, berkumur juga akan menghilangkan kuman yang ada pada bagian dalam mulut. Biasanya kuman-kuman tersebut akan berada di daerah atas lidah, permukaan gigi dan di sekitar air liur.

Dengan wudhu pun kita dapat terjaga dari penyakit gusi, kerusakan gigi dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu sisa-sisa makanan dalam mulut akan terangkat dan terbuang bersama dengan air kumuran.

Jika mulut sudah bersih, maka shalat pun akan terasa tenang.

2. Membersihkan Hidung Akan Menjaga Daerah Dalam Hidung Dari Kuman

Istinsyaq atau menghirup air lewat hidung dan langsung mengeluarkannya merupakan bagian wudhu yang dilakukan setelah berkumur. Manfaatnya bisa dirasakan secara medis bahwa kuman yang ada dalam hidung akan bersih karena aliran air wudhu.

Seorang muslim yang secara benar menghirup air lalu mengeluarkannya, akan terbebas dari penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

Hasil komite kongres di Kairo pun memperkuat fakta tersebut dengan menjelaskan bahwa membersihkan hidung sebanyak lima kali sehari akan membersihkan rongga hidung dari berbagai macam infeksi ataupun peradangan.

3. Menjaga Kesegaran Kulit Wajah

Saat mencuci muka, air wudhu akan membersihkan dan menimbulkan sensasi kesegaran pada kulit wajah. Aktivitas seharian di luaran akan mengakibatkan kulit mudah untuk dihinggapi debu sehingga muncullah berbagai macam infeksi wajah seperti komedo, jerawat ataupun yang lainnya. Sehingga dengan wudhu semua masalah wajah bisa teratasi.

Berwudhu juga mampu untuk mengurangi depresi dan meremajakan kulit serta memberikan kesempatan pori-pori untuk bernapas.

4. Menetralkan Kulit Dari Sisa Keringat

Membasuh tangan dan wajah akan menghilangkan sisa keringat yang seharian menumpuk. Kadar minyak dan lemak pun akan terhilangkan melalui proses berwudhu. Ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan optimal seorang muslim.

Beberapa pendapat dari para pakar menyebutkan bahwa ketika kita membasuh tangan, secara tidak langsung kita telah membuang energi yang buruk. Membasuh tangan juga memiliki dampak pada titik akupuntur sehingga tubuh akan lebih rileks dan pikiran yang cemas akan segera lenyap.

5. Otak Akan Jadi Lebih Jernih

Saat membasuh daerah kepala atau sebagian rambut, akan menimbulkan efek pada daerah otak. Hasilnya adalah otak menjadi lebih jernih, ingatan menjadi lebih tajam dan menjaga rambut dari kerontokan. Selain itu dengan merutinkan membasuh daerah kepala akan terhindar dari penyakit pikun.

6. Merangsang Keseimbangan Kulit

Selain wajah, daerah telinga juga menjadi tempat yang dominan terkena debu. Dengan membasuhnya, maka lemak, debu beserta minyak pada telinga akan hilang dan sensasi kesegaran akan terasa.

Telinga juga menjadi titik yang sangat penting untuk diransang. Lewat membasuh telinga, titik tersebut akan tersentuh dan hasilnya adalah keseimbangan pendengaran dapat terjaga.

Para ahli di Cina menyatakan bahwa daerah telinga memiliki kemiripan dengan bentuk tubuh saat berada dalam kandungan. Sehingga apabila kita membersihkan daerah bagian dalam telinga, secara otomatis kita sedang membersihkan organ-organ dalam tubuh. Sedangkan jika kita membasuh bagian luarnya, maka akan berpengaruh pada daerah sekitar tulang punggung dan sekitarnya.

7. Kaki Terlindung Dari Serangan Jamur

Kaki yang dibasuh dan disertai dengan pijatan saat wudhu akan bermanfaat untuk terhindar dari serangan jamur di area kulit kaki. Pijatan juga akan mengaktifkan berbagai aliran darah di daerah telapak kaki. Selain itu dengan membasuh kaki, akan menciptakan sebuah ketenangan dan rasa nyaman yang nantinya akan berpengaruh pada aspek psikologi.

8. Memperlancar Sirkulasi Pada Jemari Tangan Dan Kaki

Dengan merutinkan wudhu terutama di daerah jemari, akan memperkuat sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Selain itu, aktivitas ini akan menimbulkan efek relaksasi juga.

Sungguh banyak faedah atau manfaat dari wudhu yang jika mau menggalinya, maka wudhu bukan lagi menjadi aktivitas wajib saja saat hendak shalat.

Jadi jika ingin sehat, berwudhulah dan ambil manfaat yang telah Allah karuniakan lewat berwudhu.

Wallahu A‘lam





loading...

close ini