Ini 10 Waktu Terbaik Untuk Berdoa, Ternyata No.7 Jarang Diketahui




KabarMakkah.Com – Sesungguhnya ada waktu-waktu terbaik untuk berdoa yang sering tidak kita ketahui. Padahal doa merupakan kebutuhan kita setiap hari guna memanjatkan segala apa yang kita inginkan dan harapkan. Dengan doa pula menjadi tanda bahwa kita mengakui Allah sebagai Maha Pengabul.

Rasulullah bersabda sesungguhnya Allah berfirman, “Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepadaKu, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu.” (HR At Tirmidzi)

Ini 10 Waktu Terbaik Untuk Berdoa, Ternyata No.7 Jarang Diketahui

Jika memang kita sudah sekuat tenaga untuk berdoa namun belum juga terwujud, bisa jadi amalan yang kita lakukan masih jauh dari kata taat.

Akan tetapi untuk lebih cepat dikabulkan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberikan pengajaran lewat Rasulullah tentang waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

1. Ketika Adzan Berkumandang

Waktu yang mustajab pertama adalah ketika terdengar adzan berkumandang. Hadist yang menyatakan demikian adalah hadist dari Sahl bin Saad.

Rasulullah bersabda, “Ada dua yang tidak tertolak atau jarang tertolak; Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecambuk.” (HR Abu Daud, Baihaqi dan Hakim)

2. Waktu Diantara Adzan Dan Iqamah

Selain berdoa saat adzan berkumandang, waktu yang terbaik untuk berdoa adalah ketika berada diantara adzan dan iqamah. Biasanya ini dilakukan sembari menunggu jamaah yang datang ke masjid ataupun dilakukan setelah shalat sunat qabliyah.

Sebuah hadist dari Anas bin Malik menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR Ahmad)

3. Sebelum Salam Ketika Shalat Wajib

Sesungguhnya shalat wajib merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa dan salah satunya adalah ketika sebelum hendak melakukan salam di akhir shalat.

Dalam sebuah riwayat terdapat seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah?” Beliau bersabda, “Di akhir malam dan di akhir shalat wajib.” (HR Tirmidzi)

Penjelasan dari hadist tersebut dituturkan oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah bahwa yang dimaksud akhir shalat wajib adalah sebelum salam dan tidak ada riwayat yang menjelaskan tentang Rasul yang melakukan doa setelah salam.

4. Di Saat Berbuka Puasa

Kelebihan lain bagi mereka yang berpuasa selain pahala puasanya itu, adalah terdapat waktu mustajab di saat berbuka puasa. Puasa yang dimaksud bukan hanya di bulan Ramadhan saja, melainkan di setiap puasa yang dilakukan. Entah itu puasa sunat senin kamis, puasa Daud ataupun puasa yang lain yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Rasulullah bersabda , “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR Ibnu Majah dan Hakim)

5. Ketika Melakukan Sujud

Sujud yang dimaksudkan adalah selain saat shalat wajib, bisa juga pada saat sujud seperti sujud tilawah, sujud syukur dan sujud sahwi.

Sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa. “ (HR Muslim)

6. Saat Hari Jumat

Rasulullah menyebut hari Jumat sebagai hari yang mustajab untuk berdoa. Hal ini terdapat dalam hadist yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu.

“Rasulullah menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim)

7. Saat Hujan Turun

Tak ada atau jarang sekali ada yang mengetahui bahwa waktu turun hujan bisa menjadi waktu yang tepat untuk berdoa.

Sahl berkata, Rasulullah bersabda, “Dua doa yang tidak pernah ditolak, doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan.” (HR Hakim dan Baihaqi)

Imam Syafii pun berkata dalam kitab Al Umm, “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan dan saat turun hujan.”

8. Saat Hari Arafah

Bagi mereka yang melaksanakan ibadah haji, sesungguhnya ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh. Salah satunya adalah waktu Arafah yang menjadi waktu terbaik untuk berdoa.

Amr bin Syuaib berkata dari bapaknya, dari kakeknya, sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah.” (HR Tirmidzi)

9. Di Malam Yang Sepertiga

Sudah banyak yang mengetahui bahwa sepertiga malam merupakan waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Disanalah kesungguhan kita dalam berdoa dan beribadah diuji. Tatkala yang lain sedang terlelap tidur, sungguh Allah akan mengabulkan mereka yang bangun dan berdoa kepadaNya.

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Tuhan kita yang Maha Berkah dan Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, “Barang siapa berdoa kepadaKu pasti aku kabulkan, barangsiapa meminta kepadaKu pasti Aku beri dan barangsiapa yang memohon ampunanKu pasti Aku ampuni.” (HR Bukhari)

10. Ketika Meminum Zamzam

Keutamaan dari air zamzam adalah dikabulnya segala doa saat meminumnya.

“Khasiat Air Zamzam itu sesuai niat peminumnya.” (HR Ibnu Majah)

Demikian 10 waktu terbaik dan mustajab untuk berdoa. Semoga apa yang menjadi harapan kita segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala... Aamiin





loading...

close ini