Bolehkah Hukumnya Makan Di Kamar Mandi?




KabarMakkah.Com – Ada sebuah pertanyaan yang kadang tak pernah kita tanyakan namun mungkin beberapa kali kita pernah melakukannya baik sadar ataupun tidak sadar. Sebuah pertanyaan, “Bolehkah makan di kamar mandi?” banyak diajukan oleh mereka yang senang untuk berlama-lama di kamar mandi.

Biasanya mereka akan melakukan aktivitas makan tersebut sembari berendam di BathTub. Sehingga seakan-akan mereka telah nyaman melakukan makan di tempat yang biasa digunakan untuk mandi dan buang air tersebut.

Bolehkah Hukumnya Makan Di Kamar Mandi?

Sebenarnya kamar mandi ataupun toilet merupakan tempat bersarangnya setan. Hal ini diperkuat oleh hadist Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Dari Zaid bin Arqam Radhiallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Setan memang menyenangi tempat yang kotor seperti kamar mandi. Di sana manusia akan membuka seluruh auratnya dan tak ada kalimat dzikrullah di dalamnya. Karenanya setan amat menyuikai jenis tempat ini.

Oleh karena itu tidak seharusnya seorang manusia apalagi muslim menjadikan toilet atau kamar mandi sebagai tempat favorit. Tidak layak muslim beristirahat dan makan di dalamnya. Karena sesungguhnya manusia yang hobi melakukan makan ataupun berdiam lama-lama di kamar mandi, sebenarnya harus segera diluruskan fitrah atau pemahamannya.

Kqmar mandi hanyalah tempat untuk membuang hajat ataupun mandi. Dan apabila telah selesai, sudah seharusnya untuk kita segera keluar dari tempat tersebut.

Karena sebab itulah para ulama melarang seorang muslim untuk makan ataupun minum di kamar mandi meski terpisah dari tempat buang hajat.

Seorang Imam Ibnu Utsaimin menjelaskan perihal hukum makan ataupun minum di kamar mandi yaitu:

“Kamar mandi adalah tempat untuk buang hajat saja. Sehingga tidak selayaknya berdiam diri di kamar mandi kecuali sebatas menyelesaikan hajatnya. Sementara makan dan minum di kamar mandi menyebabkan seseorang terlalu lama diam di kamar mandi, yang tidak selayaknya dilakukan. (Majmu Al Fatawa 11/110)

Bagaimana dengan merokok? Sama halnya dengan makanan, merokok juga dilarang untuk dilakukan di dalam kamar mandi. Jika alasannya untuk mencari inspirasi, kemungkinan besar inspirasi yang dihasilkan adalah inspirasi yang berasal dari makhluk bernama setan.

Wallahu A’lam





loading...

close ini