ASTAGHFIRULLAH.. Ternyata Inilah Gambaran Setan Yang Sesungguhnya !!!




KabarMakkah.Com – Sebelum Allah menjadikan Adam, terdapat seorang jin yang memiliki derajat tinggi di hadapan Allah. Namun karena keangkuhannya untuk bersujud atau menghormati Adam, jin yang disejajarkan dengan malaikat tersebut langsung Allah laknat sehingga mendapat julukan Iblis la’natullah.
Ilustrasi gambaran setan
Ilustrasi gambaran setan
Iblis ataupun setan sama-sama merupakan makhluk yang bertujuan untuk menyesatkan umat manusia agar mau mengikuti apa yang mereka bisikkan dan menyalahi perintah Allah. Langkah gerak iblis mesti kita waspadai karena iblis mampu melihat kita dari tempat yang tidak kita ketahui. Hal ini tertera dalam Al Quran surat Al A’rof ayat 27 yang berbunyi:

“Sesungguhnya ia (iblis/ setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman”

Melihat hal tersebut, sangat jelas bahwa Allah menjadikan iblis ataupun setan yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Namun bagaimana dengan orang-orang yang mengaku dapat melihat penampakan setan ataupun jin? Wallahu A’lam

Setan ataupun jin jahat tidak akan menampakkan wajah aslinya kepada kita. Umumnya mereka akan mengubah fisiknya meniru seperti manusia, hewan ataupun bentuk-bentuk lain. Namun satu yang tidak mereka dapat tiru adalah wajah dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Apakah wajah setan itu sama seperti yang ada di film horor ataupun film misteri? Ternyata bentuk atau penampakan sebenarnya dari setan sangatlah jauh berbeda dengan tokoh-tokoh setan di film-film.

Lalu bagaimana gambaran setan yang sebenarnya menurut keterangan dari Allah dan RasulNya? Bagi yang ingin mengetahuinya, ini dia gambaran aslinya.

Jeleknya Rupa Setan

Wajah atau rupa dari setan sangatlah jelek. Bahkan dalam Al Quran Allah menjelaskan rupa setan yang disamakan dengan mayang dari salah satu pohon di neraka.

“Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala setan-setan.” (QS Ash Shaffat 64-65)

Penggambaran kejelekan setan tidak bisa dibandingkan dengan jeleknya rupa manusia. Contohnya seperti manusia yang mengalami kecelakaan sehingga wajahnya hancur dan terbakar. Nah setan memiliki rupa yang lebih jelek dari manusia tersebut. Jadi jika ada film yang menggambarkan adanya setan yang cantik atau tampan, itu merupakan tipuan yang sangat jelas.

Setan Memiliki Tanduk

Penggambaran setan bahwa memiliki tanduk telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya yang diriwayatkan melalui Ibnu Umar.

“Janganlah kalian melaksanakan shalat saat matahari terbit dan saat matahari tenggelam karena waktu tersebut adalah waktu munculnya dua tanduk setan.” (HR Muslim)

Berdasarkan keterangan tersebut, jelas bahwa rupa setan yang sebenarnya adalah memiliki tanduk di kepalanya. Jadi jika ada setan yang nampak tanpa tanduk, berarti rupa setan tersebut bukanlah yang sebenarnya.

Setan Juga Punya Hati, Mata Dan Telinga

Layaknya manusia, setan juga memiliki hati, mata dan juga telinga. Akan tetapi yang membedakan adalah hati manusia diciptakan dalam keadaan fitrah atau suci, sementara setan tidaklah demikian. Yang ada di hati setan hanya kebencian dan rasa kesombongan.

Meski memiliki mata, namun mata setan tidaklah seperti mata manusia yang enak untuk dipandang. Mata dari setan memiliki kesan yang galak, menakutkan dan ambisius.

Dengan idzin Allah, setan juga dapat berkembang biak layaknya manusia. Namun jika manusia dalam perkembangbiakannya menghasilkan keturunan yang tampan serta cantik, maka setan tetap akan melahirkan keturunan yang jelek pula.

Keterangan ini sejatinya hanya sebagai pengetahuan kita terhadap salah satu makhluk Allah yang mendapatkan laknat hanya karena tidak mau mentaati satu perintah Allah berupa sujud pada Adam. Lalu bagaimanakah dengan kita yang setiap hari bahkan setiap menit selalu membangkang dengan tidak mengindahkan perintahnya berupa shalat, shaum ataupun bersedekah?

Sangat percuma kita memiliki wajah tampan ataupun cantik jika perintah Allah tidak ditaati dan justru malah melanggar larangan dari Allah karena nanti di akhirat akan berwajah serupa seperti setan. Naudzubillah Min Dzalik

Oleh karena itu solusinya adalah lakukan amalan shaleh yang telah Allah perintahkan agar kita tidak termasuk ke dalam golongan orang yang menjadikan setan sebagai pemimpin yang menuntun pada jalan ke neraka.

Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin





loading...

close ini