3 Perkara Dunia Ini Bisa Membawa Keberuntungan Dunia Akhirat




KabarMakkah.Com – Siapakah yang tidak ingin beruntung baik di dunia maupun di akhirat? Hampir semuanya akan menjawab bahwa mereka menginginkan kedua-duanya. Tapi karena tidak mengetahui ilmunya, banyak dari kita yang justru mendapatkan kesialan.

3 Perkara Dunia Ini Bisa Membawa Keberuntungan Dunia Akhirat

Tahukah bahwa Rasulullah telah mengungkapkan rahasia agar manusia bisa beruntung? Rahasia yang telah Rasul ungkapkan tidak akan mungkin meleset karena bersumber dari Allah Ta’la. Inilah 3 perkara dunia yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal tersebut.

1. Istri

Perkara dunia yang membawa keberuntungan adalah seorang istri. Namun istri yang dimaksud adalah istri yang memiliki tiga ciri yaitu ucapannya menyenangkan hati suami, dilihat menyejukkan dan mampu menjaga amanah pada harta dan anak yang ditinggalkan. Itulah seorang istri shalehah yang juga sebaik-baik perhiasan dunia.

Istri semacam ini bukan tanpa pembelajaran. Ia merupakan hasil didikan agama yang benar. Dengan ilmu yang didapatnya, ia akan berusaha untuk taat kepada suami dengan dasar taat kepada Allah dan RasulNya.

2. Kendaraan

Dalam hadist Rasulullah menjelaskan tentang “Kuda yang penurut dan larinya kencang”. Maksudnya adalah bagaimana seorang manusia diharuskan memiliki kendaraan.

Kini kendaraan seperti motor dan mobil ataupun sepeda memiliki penafsiran yang sama dengan kuda pada jaman Rasulullah. Namun ingatlah bahwa tujuan memiliki kendaraan tersebut adalah untuk menuju jalan kebaikan seperti menghadiri pengajian, menuntut ilmu dan amalan kebaikan lainnya.

Itulah kendaraan yang tak hanya mampu membawa manusia dari suatu tempat lain di dunia, namun juga bisa menjadi kendaraan yang sebenarnya di akhirat.

3. Rumah

Ketika menyebutkan tentang rumah, Rasulullah dalam hadistnya menyebut “Rumah besar dan banyak menerima tamu”. Maksudnya rumah tersebut bisa menjadi keberkahan bagi setiap orang. Rumah yang tak hanya untuk ditinggali, namun juga menjadi sarana untuk pengajian, taklim dan aktivitas yang bertujuan mengagungkan kalimat Allah.

Inilah rumah yang mampu menjadi pemersatu kaum muslimin. Rumah yang nyaman dan aman, bahkan untuk kaum kafir sekalipun.

Dengan rumah tersebut bisa menjadi jalan hidayah bagi mereka untuk mengenal Allah. Rumah yang tak hanya menentramkan hati namun bisa menjadi daya ruhani yang membuat kaum muslim bersemangat dalam dakwah.

Semoga Allah mentakdirkan kita semua memiliki 3 perkara tersebut dan membuatnya menjadi jalan keberuntungan di dunia dan akhirat. Aamiin