Ini Rahasia dan Manfaat Dahsyat Puasa Sunnah Daud




KabarMakkah.Com – Bagi orang muslim tentu mengetahui bahwa salah satu Nabi yang memiliki kecerdasan dan dikaruniai kekuatan yang hebat adalah Nabi Daud alaihi salam. Nabi Daud telah Allah karuniakan pula kemerduan suara dalam membacakan setiap mushaf Zabur yang membuat siapapun yang mendengar akan menjadi terdiam. Bahkan burung-burung pun akan berhenti sejenak untuk mendengarkan lantunan ayat-ayat yang Nabi Daud baca.

Ini Rahasia dan Manfaat Dahsyat Puasa Sunnah Daud


Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi daud adalah puasa Daud. Seperti apa itu? Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahuinya. Puasa Daud merupakan puasa yang dilakukan setiap selang satu hari. Jadi artinya misal hari senin kita berpuasa, nah besoknya kita tak perlu berpuasa. Namun besoknya lagi kita kembali berpuasa.

Anjuran berpuasa seperti itu tentunya dilakukan selain pada bulan Ramadhan karena di bulan tersebut setiap umat Islam wajib menunaikannya setiap hari kecuali bagi mereka yang berhalangan. Selain Nabi Daud sendiri yang melakukannya, ternyata Nabi besar kita yaitu Muhammad SAW juga menganjurkan umat Islam untuk melakukannya seperti yang tertuang dalam hadist Rasulullah.

Shaum seperti ini bukannya tanpa manfaat, justru ada banyak manfaat serta faedah rahasia yang bisa didapat jika melakukan ibadah sunnah tersebut entah itu untuk kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Beberapa rahasianya antara lain:

1. Menjadikan Seorang Muslim Memiliki Pribadi Yang Berwibawa Serta Berakhlak Mulia

Rahasia yang pertama jika melakukannya secara rutin adalah mampu meningkatkan kewibawaan dan tentunya menjadikan seorang muslim memiliki akhlakul karimah.

Orang yang telah memiliki akhlakul karimah akan menjaga setiap tutur katanya, rendah hati, sabar dan tidak egois. Bahkan teman-teman akan dengan senang menemani karena adanya suatu ketertarikan dan kharisma yang terpancar.

2. Mampu Menyehatkan Badan

Yang tak kalah hebat dari rahasia puasa Daud adalah mampu menjaga kesehatan. Para ahli telah membuktikan bahwa muslim yang secara rutin melakukan shaum Daud akan memiliki peningkatan imunitas sehingga dapat melindunginya dari berbagai penyakit seperti diabetes, kerusakan kesehatan jantung dan tekanan darah.

Jadi bukan hanya soal pahala saja kegunaan dari ibadah yang telah Allah sunnahkan tersebut.

3. Bikin Awet Muda

Untuk kaum hawa yang selalu membeli produk anti penuaan, kini tak perlu lagi karena dengan merutinkan puasa Daud dapat membuat kaum muslimah menjadi lebih awet muda. Selain itu kelebihannya adalah tidak mudah pikun dan meminimalisir penyakit yang hinggap.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Aging USA melalui direkturnya menegaskan bahwa dengan melakukan puasa yang berselang seling atau yang dalam bahasa agama Islam disebut puasa Nabi Daud, akan memicu produksi protein. Kegunaannya adalah untuk membantu sel otak agar bisa bertahan hidup dari berbagai kerusakan yang ditimbulkan oleh oksidasi. Selain itu manfaatnya juga bisa dirasakan pada pertumbuhan sel syaraf yang nantinya akan berefek baik pada pengurangan penyakit otak seperti stroke, parkinson dan yang lainnya.

4. Allah Mudahkan Segala Urusan Kita

Rahasia yang terakhir adalah Allah mudahkan segala urusan bagi seorang muslim yang mengistiqamahkan shaum Daud. Selain kemudahan dalam menyelesaikan masalah, Allah juga mudahkan dalam hal rezeki.

Jadi sahabat muslimin... Siapkah kita merutinkan puasa sunnah Daud lillahi ta’ala? Yuk sama-sama istiqamahkan dan raih keberkahan yang ada di dalamnya.





close ini