Awas! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu




KabarMakkah.Com – Salah satu rukun Islam dan menjadi kunci pertama Islam adalah Syahadat. Meski telah memeluk agama islam, syahadat yang kita ucapkan dalam setiap shalat ternyata bisa batal dan mengakibatkan kita menjadi seorang yang kafir. Sebagian kita mungkin tidak menyadari bahwa kelakukan ataupun perilaku yang dilakukan ternyata bisa menjadi sebab batalnya syahadat.

Awas! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu


Batalnya syahadat akan berpengaruh pada amalan yang kita lakukan sehingga sebagus apapun amalan dan sebanyak apapun amalan shaleh tetap akan hangus dan merugi. Ini karena syahadat menjadi pondasi utama diterimanya sebuah amal shaleh.

Untuk itu penting bagi kita semua mengetahui sebab-sebab yang menjadikan syahadat menjadi batal. Sehingga kita mampu menghindarinya dan amalan yang kita lakukan tidak menjadi hangus.

1. Berbuat Syirik

10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu


Syirik merupakan sebuah dosa besar yang tidak mendapat pengampunan dari Allah. Secara harfiah, syirik berarti menduakan Allah dan mengakui adanya kuasa serta kekuatan selain milik Allah.

Syirik sendiri dibagi menjadi dua yakni syirik kecil dan besar. Syirik besar adalah mengakui adanya Tuhan selain Allah. Sementara syirik kecil terjadi karena mengakui adanya kekuatan yang lebih hebat selain Allah seperti percaya kepada jimat, batu-batuan dan dukun serta bangga dengan diri sendiri (riya). Namun ia masih tetap mengerjakan kewajibannya.

Dengan melakukan perbuatan tersebut, otomatis kita telah membatalkan syahadat meski hanya berupa syirik kecil.

2. Murtad (Keluar Dari Keislaman)

Awas! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu


Sangat jelas bahwa dengan murtad, maka seseorang telah keluar dari Al Islam. Dengan kata lain, syahadat yang telah terucap langsung batal. Amalan yang dahulu dibanggakan pun hanya tinggal nama tanpa ada bukti di hadapan Allah karena telah hangus dan tiada guna.

3. Ragu-ragu Dalam Menganggap Orang Lain Kafir

http://www.kabarmakkah.com/2016/01/awas-10-perilaku-ini-bisa-batalkan.html


Bagi kita orang islam, sudah selayaknya meyakini bahwa agama yang Allah ridhai hanyalah Islam. Sehingga bagi sebagian kita yang masih percaya dengan agama selain Islam, maka batal sudah syahadatnya karena Allah dan RasulNya sendiri telah menyebut mereka semua itu adalah kafir.

4. Meyakini Hukum Thagut Yang Paling Baik

10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadat


Sudah sewajarnya umat muslim patuh dengan hukum yang telah Allah tetapkan. Sedangkan dengan meyakini bahwa ada hukum lain buatan manusia yang lebih baik dari hukum Allah dan mengesampingkan hukum syariat, maka syahadat yang diucapkannya dianggap batal.

Yakinlah bahwa hukum Allah adalah hukum yang mensejahterakan dan membawa kemaslahatan bagi setiap manusia.

5. Benci Dengan Sunah Rasul

Hati-Hati! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadat Kamu


Bagi yang mencintai Rasulullah haruslah mengikuti semua sunah yang beliau lakukan. Tak ada sunah yang dicontohkannya melainkan merupakan sebuah kebaikan dan terdapat manfaat di dalamnya. Sedikit saja tidak mengakui atau membenci sunah Rasul tersebut, maka bersiap-siaplah untuk menerima kenyataan bahwa syahadat yang ada dalam diri telah batal.

6. Mengolok-Olok Agama Islam

10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu


Banyak kita lihat kini umat Islam yang justru mengolok-olok agamanya sendiri sehingga tidak pantas orang tersebut disebut sebagai muslim.

Sebagai umat Islam yang sesungguhnya, sudah menjadi keharusan apabila kita mengagungkan hukum dan syariat yang telah Allah buat. Dengan mengolok-olok agama Islam, berarti kita telah mengolok-olok Allah yang menciptakan sistem Al Islam tersebut. Beranikah kita mengolok-olok Allah SWT?

7. Melakukan Dan Menggunakan Sihir


Awas! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu



Melakukan sihir berarti juga kita telah melakukan sebuah persekutuan dengan jin dan setan. Dengan kata lain, bersekutu dengan setan membuktikan bahwa kita telah mengakui adanya kekuatan selain Allah yang lebih kuat dan akhirnya syahadat yang kita ucapkan setiap shalat musnah sudah. Bahkan akan mendapatkan laknat Allah karena bersekutu dengan iblis la’natullah.

8. Membantu Orang Kafir Untuk Memerangi Muslimin

Awas! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadatmu


Jika kita mengaku umat Islam namun justru membantu orang kafir yang ingin memerangi kaum muslimin, maka berarti kita telah khianat dan syahadat yang menjadi pondasi Islam dalam diri sudah tidak berguna lagi.

Sebagai contoh adalah memilih pemimpin yang justru berusaha untuk memerangi umat Islam. Jadi berhati-hatilah dalam berbuat terutama menyangkut pilih memilih pemimpin.

9. Meyakini Bisa Keluar Dari Syariat Islam

Hati-Hati! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadat Kamu


Umat Islam yang mengaku bahwa dirinya bisa bebas keluar dari syariat yang telah Rasulullah contohkan, maka menurut hukum islam dianggap telah keluar dari syahadat yang ia ucapkan. Jika merasa bisa bebas keluar dari syariat, itu berarti ia tidak mengakui Rasulullah yang diutus Allah untuk mengaplikasikan syariat Islam tersebut.

Contoh nyata yang bisa kita lihat di media TV adalah orang-orang yang mengaku menjadi Nabi ataupun titisan Jibril dan memperbolehkan pengikutnya untuk keluar dari syariat Islam seperti tidak perlu shalat, puasa ataupun ibadah-ibadah yang Islam anjurkan.

10. Tidak Mempelajari Dan Mengamalkan Ajaran Islam

Hati-Hati! 10 Perilaku Ini Bisa Batalkan Syahadat Kamu


Seorang muslim yang enggan untuk melakukan shalat, puasa dan justru sering berbuat maksiat, maka orang tersebut tidak pantas disebut sebagai seorang muslim. Syahadat yang diucapkannya hanya manis di bibir saja dan hanya sekedar pengakuan bohong. Maka oleh sebab itu, pelajari dan amalkan setiap ilmu dalam Islam jika tidak ingin syahadat kita menjadi batal.


Jadi sudahkah kita mengoreksi diri kita dan membandingkannya dengan poin-poin diatas? Jika ternyata perilaku dan perbuatan kita ada dalam barisan poin diatas, bertaubatlah dan mulailah perbaiki amalan dan perilaku kita.

Janganlah menganggap bahwa syahadat hanya sebuah ucapan tanpa tanggung jawab karena syahadat merupakan gabungan dari janji dan sumpah kepada Allah SWT.

Wallahu A’lam




loading...