7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Arab




KabarMakkah.Com - Aku bukanlah orang arab, sanak familiku pun tak ada yang berdarah arab, jadi untuk apa belajar bahasa arab? Buang-buang waktu dan tenaga saja.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Arab


Eits.... salah besar jika Anda masih berpikiran seperti ini. Berikut kami paparkan 7 alasan mengapa harus belajar bahasa arab.

1. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Penuh Dengan Keutamaan

Begitu istimewanya bahasa arab, hingga Allah SWT memilihnya menjadi bahasa Al Qur’an. Sehingga bahasa arab adalah syi’ar agama Islam. Dan seharusnya bahasa persatuan umat muslim adalah bahasa arab, hingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dengan saudara seagamanya yang tinggal berlainan bangsa dan negara. Hal ini akan mempererat tali silaturrahim dan persatuan kaum muslimin.

Allah Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur’an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Qur’an dalam bahasa arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ

Bahasa Arab adalah syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim.

2. Dengan Paham Akan Bahasa Arab Akan Mudah Pula Memahami Al Qur’an

Jika kita punya basic paham akan bahasa arab, maka menghafal 30 juz Al Qur’an akan semakin mudah. Begitu pula dengan memahami makna yang terkandung dalam Al Qur’an. Kita tidak akan salah lagi dalam beramal hanya karena keliru dalam memahami isi kandungan Al Qur’an. Demikian pula dalam menghafal, menjelaskan, memahami dan mengamalkan hadist Nabi SAW.

3. Pahamnya Seseorang Akan Bahasa Arab Membuatnya Lebih Memahami Akan Islam

Memiliki kemampuan berbahasa arab akan membuat kita mengerti tentang makna yang sebenarnya dari suatu ayat atau keterangan dalil. Terlebih lagi jika mengetahui kaidah ilmu nahwu yang memang difokuskan untuk mengetahui aturan dalam berbahasa arab.

Dengan mengetahui setiap kata dari bahasa arab akan mempermudah seorang pendakwah dalam menyampaikan pedoman ataupun keterangan yang telah Rasulullah titipkan bagi umatnya.

4. Mampu Menggali Ilmu Lebih Dalam

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam memahami bahasa arab akan dengan cepat menggali berbagai ilmu agama yang kebanyakan bersumber dari ulama-ulama bangsa arab dan ditulis dengan kaidah bahasa arab. Tentunya akan jauh berbeda memahami suatu kitab hanya lewat terjemahannya saja karena sifatnya yang terbatas dari segi mengartikan.

5. Bahasa Arab Merupakan Bahasa Yang Menentramkan Hati

Mempelajari bahasa arab membuat hati menjadi tentram karena kelembutan bahasanya. Hal ini telah Ibnu Katsir jelaskan dalam memaknai ayat kedua dari surat Yusuf.

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling luas (kosakatanya) dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan hati.”

6. Kemuliaan Bahasa Arab

Selain menentramkan hati, bahasa arab juga merupakan bahasa yang mulia. Ibnu Katsir menjelaskan,

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه


“Karena Al Quran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al Quran.”

Itulah sebabnya mengapa Allah menjelaskan dalam Al Quran surat Yusuf ayat 2 yang berbunyi:

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa arab agar kamu memahaminya.”

7. Bahasa Arab Merupakan Bahasa Lurus Yang Mudah Dipahami Dan Digunakan Sebagai Landasan Hukum

Allah SWT telah berfirman dalam surat Az Zumar ayat 28:

قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“(Ialah) Al Quran dalam bahasa arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.”

Sementara itu di dalam ayat yang lain dijelaskan bahwa:

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. Dia dibawa turun oleh Ar Ruh Al Amin (jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan dengan bahasa arab yang jelas.” (QS Asy Syuara 192-195)

Karena Rasulullah lahir diantara kalangan bangsa Quraisy yang menggunakan bahasa arab dalam kesehariannya, maka Al Quran diturunkan dalam bahasa tersebut agar mudah dipahami oleh orang-orang.

Al Quran juga menjadi hakim atau pengatur yang paling tepat lewat penggunaan bahasa arab seperti yang Allah SWT jelaskan dalam Al Quran.

وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا


“Dan demikianlah kami menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa arab.” (QS Ar Ra’du 37)

Jadi apakah masih berpikir bahwa mempelajari bahasa arab itu tidak penting?

Cobalah sedikit demi sedikit untuk mempelajarinya karena sesungguhnya Allah tidak menyulitkan hamba-hambaNya yang mau mempelajari Al Quran dan Assunnah.




loading...

close ini