Tragedi Mina: Ternyata Ini Penyebabnya

Tragedi Mina: Ternyata Ini Penyebabnya

author photo
Tragedi Mina - Pihak Arab Saudi melalui Direktorat Pertahanan dan Keamanan Haji terus menginvestigasi penyebab insiden Mina yang sampai sekarang sudah mengakibatkan 310 jamaah haji. Berdasarkan hasil temuan sementara, para jamaah haji sempat terlibat bentrok karena saling berdesakan menuju tempat melempar jumrah Aqabah.

"Volume jamaah yang akan melakukan lempar jumroh Aqabah sangat tinggi dan saling bertemu di jalan menuju Jamarat, tepatnya di persimpangan Jalan 204 dan Jalan 223 di Mina. Jemaah saling tumpang tindih," kata pihak Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi melalui akun facebook resminya, Kamis (24/9/2015).

Tragedi Mina
Korban Meninggal Tragedi Mina


Jumlah jamaah haji sangat banyak kala itu, mencapai ratusan ribu. Awalnya, para jamaah haji terlibat saling dorong dan kemudian berlanjut ke pertengkaran yang berujung pada jatuhnya para korban jiwa.

"Sehingga, terjadi pertengkaran dan saling injak antara para jamaah haji dan sebagian besar dari mereka terjatuh. Pihak Saudi Red Crescent langsung mengambil inisiatif tindakan untuk mengendalikan situasi untuk mencegah bentrok semakin berlanjut dan menyetop arus para jemaah menuju Jamarat," jelas Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi.

Baca Juga: Video Amatir Tragedi Mina 2015

Akibat kejadian ini, hingga saat ini tercatat sudah 310 jemaah tewas dan lebih dari 450 luka-luka. Pihak Arab Saudi hingga saat ini masih melakukan tindakan evakuasi ke RS yang berada di Mina dan sebagian lagi dibawa ke RS di Makkah.
Next article Next Post
Previous article Previous Post