Sasar Jamaah Umrah Dan Haji, Telkomsel Buka GraPari Di Mekkah

Sasar Jamaah Umrah Dan Haji, Telkomsel Buka GraPari Di Mekkah

KabarMakkah.Com - Perusahaan telekomunikasi selular Telkomsel membuka pusat layanan pertamanya di kota Mekkah, Arab Saudi, pusat layanan ini dinamai GraPari Makkah dan sudah beroperasi mulai Senin (2/3/2015). Terobosan ini dilakukan Telkomsel untuk menjangkau para pelanggannya yang sedang menjalankan ibadah umroh atau haji di kota Mekkah.

Beberapa pelayanan yang akan diberikan Grapari Makkah adalah penggantian kartu SIM yang rusak, pengaturan ponsel, penjualan kartu Simpati Saudi, layanan aktivasi roaming internasional, layanan aktivasi flash dan fitur, layanan gratis ganti kartu, layanan isi ulang, layanan blokir dan buka blokir dan layanan lainnya. Pusat layanan ini juga menargetkan tenaga kerja Indonesia atau TKI yang berada di Mekkah dan sekitarnya.

Gerai Grapari Telkomsel Di Mekkah
Gerai Grapari Telkomsel Di Mekkah

Ririek Ardiansyah Direktur Utama Telkomsel, mengatakan bahwa tujuan lain membuka gerai GraPari di Mekah adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan saat berada di luar negeri, khususnya mengatasi masalah komunikasi yang dialami. (Baca Juga: Pilihan Operator Telekomunikasi Selama Di Tanah Suci)

Mekkah adalah tujuan wisata terbesar masyarakat Indonesia di luar negeri. Pada 2014 lalu, Kementerian Agama mencatat ada 168 ribu jemaah Haji dan lebih dari 500 ribu Jemaah umrah berasal dari Indonesia.

"Karena itu, supaya mendukung ibadah para jemaah asal Indonesia agar berjalan lancar, Telkomsel ingin turut memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, khususnya dalam hal komunikasi" kata Ririek dalam siaran persnya.

GraPari di Makkah merupakan hasil kerjasama antara Telkomsel dan Telin (Telkom International) yang merupakan anak usaha Telkom Indonesia. Gerai ini dibangun di Mall Abraj Al-Bait lantai P3 dengan luas kurang lebih 130 meter persegi. Gerai dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk pelayanan seluler dan restoran.


Abraj Al Bayt Makkah
Peresmian Gerai Grapari Di Abraj Al Bayt Mall

Sedangkan mengenai jaringan di Saudi, Telkomsel bekerjasama dengan pihak Zain, operator terbesar ketiga di Arab Saudi setelah SAWA dan Mobily. Untuk sementara ini pelayanan seluler GraPari Makkah akan dioperasikan oleh empat pegawai, sedangkan jam operasionalnya mengikuti jam operasional Abraj Al-Bait Mall. (Baca Juga: Oleh Oleh Khas Mekkah)

Menurut survey yang dilakukan Telkom International, ada sebanyak 1.725.002 Jiwa populasi warga Negara Indonesia yang bermukim di Arab Saudi, mereka terkonsentrasi di tiga kota yakni Jeddah, Makkah dan Riyadh. Sebesar 16 persen di antara mereka bekerja baik di sektor formal seperti perawat di rumah sakit, arsitek, perhotelan, sementara sisanya sebesar 84 persen bekerja di sektor informal seperti sopir dan pelaksana rumah tangga.
Next article Next Post
Previous article Previous Post