11 Tempat Favorit Untuk Selfie Di Tanah Suci

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Demam selfie telah melanda siapa saja dan dimana saja. Bahkan orang-orang yang sedang beribadah di tanah suci baik Makkah dan Madinah pun tak lupa untuk mengabadikan gambarnya dengan cara ber “selfie” ria disana.

Meski ada sebagian ulama’ menyatakan bahwa selfie itu haram, Namun tak sedikit para jamaah umroh maupun haji yang masih saja nekat melakukannya. baik secara terang-terangan maupun “bersembunyi”. Dan dibawah ini adalah ulasan dari KabarMakkah mengenai 11 tempat favorit untuk berselfie di tanah suci.

1. Ka’bah

Kabah di Masjidil Haram adalah tempat paling favorit yang menjadi primadona para jemaah haji atau umrah untuk berselfie. Biasanya, para pelaku selfie melakukannya di sela-sela waktu sebelum ataupun sesudah shalat.

Gaya Depe Waktu Selfie Di Samping Ka’bah

Tak sedikit juga yang melakukan selfie di tempat ini ketika sedang beribadah thowaf dan umroh, tentunya dengan pakaian ihram yang masih menempel di badan.

Jupe Selfie
Gaya Jupe Selfie Dengan Memegang Kiswah Kabah

Bagi sebagian jamaah umroh dari Indonesia, Selfie adalah suatu cara untuk berkomunikasi dengan keluarga dan rekan yang sedang ada di tanah air. seorang jamaah asal semarang, Dian Retno mengatakan “Saya berfoto selfie dengan latar belakang Kabah buat dipajang di Facebook supaya keluarga dan teman-teman bisa melihat. Ini cara saya berkomunikasi dan tak perlu menelepon” jelasnya.

2. Masjidil Haram

Selfie Di Masjidil Haram
Selfie Di Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah lokasi kedua tempat yang paling disukai oleh jamaah haji dan umroh untuk berselfie. Masjidil Haram terletak di pusat kota Mekkah. Masjid yang menjadi sandaran bagi seluruh umat islam di dunia ini adalah tempat yang sangat sakral dan merupakan tujuan utama dalam ibadah haji dan umroh. (Baca Juga: Keutamaan Kota Mekkah)

3. Gua Hira

Salah satu tempat favorit untuk berselfie di tanah suci adalah Gua Hira, terletak di bukit Jabal Nur yang ketinggiannya sekitar 1.5 km. Berselfie di tempat ini memang mempunyai kesan tersendiri. Karena selain bersejarah, di gua hira ini juga bisa melihat seluruh pemandangan kota Mekkah. Sehingga masih terlihat jam terbesar di dunia ketika anda berselfie disana.

Selfie Di Gua Hira
Selfie Di Gua Hira

Sebagai pengetahuan, Gua Hira adalah tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yaitu surat Al Alaq atau Iqro’ ayat 1 – 5. disana nabi selalu berkhalwat dan bertafakkur untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang terletak di
sebelah timur Padang Arafah. Bukit ini disebut-sebut sebagai bagian dari kisah
pertemuan antara Nabi Adam dan Ibunda Hawa setelah terpisah selama 300 tahun.

Dari segi bahasa, Jabal bermakna Gunung atau Bukit, Sedangkan Rahmah adalah Kasih Sayang atau Cinta. maka bisa dikatakan Jabal Rahmah adalah Bukit Cinta. tak sedikit para jamaah umrah maupun haji yang memanjatkan doa disini agar mendapatkan pasangan yang setia dunia akhirat. Sedangkan bagi jamaah yang sudah mempunyai pasangan biasanya berdoa agar pasangannya dijadikan pasangan yang sejati dan setia di dunia maupun di akhirat.

Jabal Rahmah
Tugu Jabal Rahmah

Selain menjadi tempat favorit untuk selfie, jabal rahmah juga sudah seperti wall facebook bagi para pengunjungnya, karena di tempat itu mereka suka mencoret-coret namanya dan nama pasangannya baik di monumen atau tugu jabal rahmah maupun di batu-batuan yang terdapat di sekitarnya. (Baca Juga: Waduh, Jamaah Umroh Suka Coret-Coret Di Jabal Rahmah)

Coret-coret di Jabal Rahmah
Coret-coret di Jabal Rahmah

5. Tempat Sa’i

Tempat untuk melaksanakan Sai atau lebih dikenal dengan nama Mas’a adalah tempat favorit para jamaah haji maupun umroh yang ingin melakukan selfie. Sai sendiri adalah berlari-lari antara bukit Shafa dan Marwa selama 7 putaran.

Tempat ini sangat bersejarah karena dulu ibunda Nabi Ismail AS, Siti Hajar juga berlari-lari di tempat ini hanya untuk mencari air untuk diberikan pada anaknya, Nabi Ismail ketika masih bayi. Hal ini karena panasnya udara di Makkah sehingga tubuh mereka menjadi kering dan air susu Ibunda Siti Hajar pun tidak mau keluar. Setelah berusaha mencari akhirnya beliau mendapatkan sumber mata air zamzam di tempat itu.

Selfie Di Tempat Sai
Selfie Di Tempat Sai

Biasanya para jamaah ber selfie di Bukit Marwa setelah umrah selesai. Namun tak sedikit pula yang melakukannya ketika ibadah Sa’i sedang berlangsung.

6. Masjid Nabawi

Tempat favorit berikutnya untuk selfie di tanah suci adalah di Masjid Nabawi yang terletak di Kota Madinah Al Munawwarah. tempat yang satu ini memang sangat bersejarah dalam islam karena sholat di Masjid Nabawi ini pahalanya 1000 kali lipat jika dibandingkan sholat di masjid lainnya.

Syahrini Selfie
Syahrini Selfie Di Pintu Masjid Nabawi

Selain itu, Masjid Nabawi adalah masjid yang bangunannya memiliki seni bernilai tinggi, baik dalam hal arsitektur maupun design interior dan eksterior, Terlihat beberapa payung raksasa di halaman masjid ini yang didatangkan langsung dari Jerman seperti gambar di bawah ini.

Payung Masjid Nabawi
Payung Masjid Nabawi

7. Makam Nabi Muhammad SAW

Bagi sebagian jamaah, lokasi ini memang sangat diminati untuk berselfie dengan cara ngumpet ngumpet, karena para askar yang berjaga di depan makam nabi memang melarang para pengunjung untuk berselfie disana.

Selfie Di Depan Makam Nabi
Selfie Di Depan Makam Nabi

Dalam Agama Islam, Nabi Muhammad SAW merupakan dasar hukum kedua yang menjadi panutan umatnya setelah Alqur’an. Setiap tahunnya jutaan umat islam di dunia ini selalu menziarahi makamnya. Sehingga tak jarang mereka mengambil kesempatan untuk selfie disana.

Makam Nabi terletak di pojokan Masjid Nabawi, dulunya Makam beliau ini adalah kamar untuk tidur beliau sewaktu masih hidup dengan sang istri Sayyidah Aisyah RA. (Baca Juga: Berapa Luas Rumah Nabi?)

Namun di tempat ini anda tidak bisa bebas berselfie ria, Karena harus kucing-kucingan dengan para polisi dan asykar penjaga makam nabi. kalau ketahuan selfie anda akan diminta oleh mereka untuk menghapus foto selfie tersebut.

8. Raudhah

Salah satu bagian Masjid Nabawi ada satu lokasi yang terkenal dengan
sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan oleh seorang muslim di tempat ini
diyakini akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Raudhah, Salah Satu Taman Di Surga
Raudhah, Salah Satu Taman Di Surga

Menurut hadits nabi, Raudhah adalah salah satu taman dari taman-taman surga. tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh orang yang ingin berdoa dan sholat didalamnya dan ukurannya sangat sempit sekali. anda harus mengantri lama agar mendapatkan tempat disana karena tempatnya yang terbatas sekali.

9. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah. Masjid Quba terletak di luar kota madinah tepatnya sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. (Baca Juga: Sejarah Dan Keistimewaan Masjid Quba)

Maia Ahmad Berselfie Di Masjid Quba
Maia Ahmad Berselfie Di Masjid Quba

Di masjid yang bersejarah ini juga terdapat banyak para jemaah yang berselfie ria. masjid quba memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah
perempuan.

10. Padang Arafah

Tempat di tanah suci yang menjadi lokasi favorit selanjutnya adalah Arofah, Biasanya di waktu Ziarah kota Mekkah para jamaah umrah tidak lupa untuk mengabadikan momen ini dengan cara berselfie.

Selfie Di Arafah
Selfie Di Arafah

Selain itu, Melaksanakan wukuf di Padang Arafah adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh jutaan ummat Muslim yang melaksanakan ibadah haji. Lokasi Padang Arofah ini tentu tak luput menjadi spot favorit para jemaah haji untuk berfoto selfie. Padang Arafah merupakan kawasan wilayah Arab Saudi yang terletak di sekitar 25 km dari kota Makkah.

11. Selfie Di Hotel Tempat Menginap

Tempat favorit yang terakhir bagi para jamaah adalah di Hotel tempat menginap baik di Makkah maupun di Madinah. Arsitektur dan design Hotel-Hotel di Tanah Suci terkadang berbeda dengan kebanyakan hotel di Indonesia, sehingga tak sedikit dari mereka yang melewatkan kesempatan untuk berfoto selfie di Hotel tempat anda menginap, baik di Makkah maupun Madinah dan Jeddah.

Hotel Pullman Zamzam Makkah
Selfie Di Lobby Hotel Pullman Zamzam Makkah

Baca Juga: 7 Hotel Terdekat Dengan Masjidil Haram

Anda bisa berselfie di Lobby Hotel, di Restoran atau bisa di Kamar Mandi Hotel, tidak ada yang melarang selagi kegiatan selfie anda tidak mengganggu kenyamanan pengunjung hotel yang lain.

Demikian beberapa tempat yang menjadi favorit untuk selfie di tanah suci, semoga bisa membantu anda para jamaah umrah maupun haji yang sedang ingin selfie di Mekkah maupun di Madinah.

Loading...