Wah, Calon Haji Indonesia Banyak Yang Belum Paham Manasik

Diposting pada
Ribuan calon jamaah haji Indonesia sudah mulai menuju ke Makkah sore kemarin. Sesuai dengan ketentuan haji, jamaah calon haji harus mengambil miqat (niat ihram) di Masjid Bir Ali di Dzulhulaifah, Madinah. karena mereka akan langsung melaksanakan ibadah umrah dan datang dari arah madinah. terlihat di lapangan masih banyak jamaah haji yang belum paham betul tentang manasik haji.

“Banyak calon jamaah haji indonesia yang belum matang secara manasik. Terkesan hanya asal berangkat,” kata pembimbing ibadah PPIH Daker Madinah, Abdul Kholiq‎ kepada tim Media Center Haji saat mengarahkan jamaah haji yang sedang mengambil Miqot di Bir Ali, Kamis 11 September 2014.

“jamaah haji hendaknya memahami manasik secara mendetail. baca: Bimbingan Manasik Haji Lengkap. Sehingga ketika beribadah haji dalam kondisi paham dan sempurna ibadahnya. dan belajar manasik itu harus bertahap, sambil menunggu berangkatnya itu harus bertahap. Jadi berangkat haji harus manasik secara bertahap tidak boleh tiba-tiba,” katanya.

Masjidil Haram
Proyek Pembangunan Masjidil Haram

Haji adalah serangkaian kumpulan ibadah. Semuanya harus dimatangkan betul mulai dari berwudlu, menutup aurat, dan ibadah lainnya yang harus sesuai aturannya.

Calon Haji juga harus mengerti bagaimana cara memakai kain ihram, aturan haji mulai dari miqat, kenapa waktu thowaf harus suci, kenapa sebelum tahallul tidak boleh melepas pakaian.

Sering terlihat para petugas pembimbing haji sibuk mengingatkan calon jamaah haji sejak pergerakan jemaah ke Madinah ke Mekkah , terutama yang perempuan agar melepas masker yang menutupi wajah mereka, mengenakan kaus kaki dan sarung tangan yang terbuka pada telapaknya. Karena saat berihram, perempuan harus tertutup kecuali wajah dan telapak tangan.

Sebanyak 10 kloter jemaah calon haji diberangkatkan dari Madinah. Mereka diangkut dengan 100 bus. Setiap satu kloter jemaah terdiri dari paling sedikit 325 orang dan paling banyak 455 orang.

Loading...