Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Jamaah Haji Indonesia

Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Jamaah Haji Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk jamaah haji Indonesia yang sempat saya lihat dan saksikan dengan mata kepala sendiri. Melalui tulisan ini saya mengusulkan kepada pihak Kemenag agar memasukkan materi ini ke dalam program manasik haji, karena perilaku dan kebiasaan ini dilihat dan dinilai oleh mata dunia.

Kebiasaan antri masih sangat buruk, jamaah haji Indonesia masih suka menyerobot antrian orang. Ini hanya berlaku ketika antri sesama jamaah Indonesia. Tapi ketika berhadapan dengan jamaah haji dari negara lain, jamaah kita tak punya nyali sama sekali, mendadak berubah menjadi anak kecil yang manis. Banyak kegiatan yang memerlukan antri: ke tolilet, masuk lift, masuk masjid, naik / turun pesawat, naik / turun kendaraan, ambil jatah makan, antri pemeriksaan dokumen atau antri-antri yang lain. saya pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri, Ada 2 orang ibu saling adu mulut, tangan mereka ikut-ikutan saling tunjuk muka, semua mata memandang mereka. Model berantem mereka persis ibu rumah tangga di kompleks perumahan BTN. Anda akan makin terkejut, kalau saya kasih tahu siapa mereka berdua ini. Dua-duanya wanita terpelajar, sarjana pula! Lebih tragis lagi, wanita yang satu merupakan ketua kelompok bimbingan haji. saya hanya bisa mengelus dada. Belum juga sampai ke tanah air, ibadah haji yang dilakukan dengan banyak tenaga, pikiran dan biaya tersebut keburu “mabur” / terbang alih-alih mabrur.

Jamaah Haji Indonesia
Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Jamaah Haji Indonesia


Kebiasaan Buruk jamaah haji Indonesia adalah membuang ludah / ingus / dahak di sembarang tempat. Mengerikan! Material-material menjijikkan itu ada di sepanjang jalan, lantai bahkan di dalam maktab. padahal kalau mau usaha sedikit bisa saja mereka bisa menggunakan tisu kemudian dibuang ke tempat sampah yang sudah tersedia. Oh ya, selain itu mayoritas jamaah Haji Indonesia juga suka membuang sampah sembarangan.

Kebiasaan Buruk
Kebiasaan Buruk 


Kemudian perilaku buruk jamaah haji kita adalah tidak mau mengantri ketika di toilet. Terutama bapak-bapak, dia keluar antrian kemudian mojok di sudut pagar dan menuntaskan hajatnya. Cuuurrrrrrrrrrr…… legaaaaa……  Kebiasaan di tanah air kebawa-bawa ke tanah suci.

Ketika naik kendaraan bus antar jemput, mayoritas jamaah haji indonesia maunya menang sendiri, tanpa memperdulikan wanita dan lansia yang sedang berjuang untuk bisa naik ke dalam bus.

Ketika naik lift, biasanya suka berdesak-desakan, kapasitas lift yang hanya muat 10 orang bisa dimasukin sampai 20 jamaah haji indonesia. alasannya, mereka tidak mau menunggu lama-lama di depan lift. semuanya ingin cepat dan mau menang sendiri.

Merokok seenaknya di bus yang penuh sesak, di lift, atau di ruang ber-AC.

Entah tidak ada tempat menyimpan atau tidak tahu bagaimana cara menyimpan uang, banyak jamaah haji Indonesia ke mana-mana membawa semua uangnya, akibatnya kalau hilang ya..amblaslah semua uangnya. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post