Inilah Foto-Foto Haji Tempo Dulu

Diposting pada

Penyelenggaraan ibadah haji semakin berkembang dari tahun ke tahun. Di jaman dahulu, saat mode transportasi belum berkembang, jamaah haji dari berbagai penjuru dunia harus melakukan perjalanan darat maupun laut.

Kabar Makkah akan membagikan beberapa foto antik dan jadul yang menggambarkan pelaksanaan ibadah haji tempo dulu. Dalam foto-foto tersebut terlihat bagaimana susahnya kalau kita berhaji di zaman baheula.

Di tahun 1965, sebenarnya sudah ada jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci dengan naik pesawat terbang. akan tetapi bandara yang digunakan untuk mendarat juga masih sangat minim dengan fasilitas.

Selain itu, banyak jamaah haji yang juga menumpangi kapal laut. Mereka datang dari berbagai belahan dunia.

Transportasi haji tempoe doeloe masih banyak menggunakan unta, kuda dan keledai. karena minimnya mobil, mungkin yang punya mobil waktu itu hanya raja dan anak raja saudi. untuk masalah makan para jamaah haji di zaman dulu harus memasak sendiri, karena belum ada katering dan restoran seperti di zaman sekarang ini. untuk lebih jelasnya silahkan lihat berbagai gambar di bawah ini

Jamaah Haji Landing Dari Pesawat

Alat Transportasi Menggunakan Keledai

Jamaah Haji Turun Dari Kapal

Pelabuhan Di Jeddah

Waktu Itu Ka’bah Masih Lengang

Belum Ada Mall, Hanya Pasar Tradisional

Bahkan Tidak Ada Handphone, Hanya Bisa Mengirim Surat
Jaman dulu juga belum ada katering, sehingga harus memasak sendiri
Jamaah Haji Sedang Asyik Menghisap Syisa
Beginilah Suasana Di Jamarot, Terlihat Sponsor Coca Cola Dalam Bahasa Arab

Demikianlah foto-foto haji tempo dulu, jamaah haji sekarang seharusnya banyak bersyukur karena sudah diberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji. jika ingin melihat foto antik dan jadul kota mekkah silahkan lihat Foto Antik Kota Mekkah Jaman Dulu

Loading...