Barang Yang Dilarang Untuk Dibawa Calon Jamaah Haji

Barang Yang Dilarang Untuk Dibawa Calon Jamaah Haji

Meski sudah diberitahu  barang yang dilarang dibawa seperti  rokok dan benda-benda cair, tetapi jamaah calon haji (Calhaj) asal Jawa Barat tetap saja membandel. Kali ini 14 koper jamaah pada kelompok terbang 19 asal Kabupaten Ciamis, diminta dibuka pihak Bea Cukai yang bertugas di Asrama Haji embarkasi Jakarta- Bekasi.

"Ada 14 koper jamaah yang dibuka," ujar Ilyas, petugas pemeriksaan barang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)  Jawa Barat. Mereka yang dibuka itu dicurigai membawa benda cair dan sejumlah rokok yang melebihi ketentuan.

Juned, Calhaj asal Desa Raja Desa, Ciamis, nampak pucat karena kopernya dibuka petugas, Di  koper itu ada lima slop rokok berbagai merek, ada yang filter dan kretek. "Ini tidak boleh banyak-banyak," ujar petugas, sambil mengeluarkan tiga slop rokok.

Petugas  memberi tanda terima kepada jamaah yang mengaku perokok berat ini. Jumlah koper yang diminta dibuka ini mencapai puluhan karena ada sejumlah jamaah yang membawa jerigen, madu dan sabun cair. "Saya nggak tahu, karena yang ngisi tas anak-anak," ujar Ny Cioh Rahimi, calon haji asal Kabupaten Ciamis, yang kopernya juga dibongkar.

Di tas wanita ini ditemukan dua jerigen kosong. "Kami tidak tahu isi di dalamnya, karena saat disinar x-ray ada bentuk tempat benda cair," kata Ari, petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta yang memeriksa tas koper jamaah.

Sementara itu  jamaah yang tasnya ketahuan membawa rokok, pihak Bea Cukai menahannya di gudang Barang tercecer (Barcer) dan akan  mengembalikannya pada saat pulang. (poskotanews)


Nah, agar cerita diatas tidak terjadi pada anda, khususnya bagi anda yang mau naik haji agar membaca beberapa peraturan barang bawaan dan bagasi dibawah ini.

Berat maximum untuk Koper Besar adalah 32 kg, Koper ini nantinya akan masuk ke bagasi pesawat, sedangkan tas tentengan dapat dibawa ke dalam kabin pesawat. Oleh karena berat koper Besar sangat sedikit sebaiknya calon jamaah haji membawa barang-barang bawaan yang seperlunya saja agar tidak terlalu membebani diri sendiri. Bawalah barang bawaan yang penting-penting saja. Terlalu banyak bawaan nantinya tidak banyak dipakai selama di Tanah Suci. eman-eman kan?


Barang Jamaah Haji
Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Jamaah Haji

Barang Yang Dilarang Untuk Dibawa Masuk Ke Pesawat

Petugas imigrasi di asrama haji akan memeriksa barang bawaan jamaah haji. Jika ditemukan barang yang terlarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat maka akan dibongkar oleh petugas. Dalam hal ini ada beberapa barang yang tidak diperkenankan dibawa ke dalam Koper Besar dan Tas Tentengan Jamaah Haji. Barang-barang tersebut antara lain:


  • Senjata Tajam (Golok, Clurit, Parang, Pisau Tajam dan lain-lain)
  • Perhiasan dan uang tunai (dalam Jumlah yang sangat besar)
  • Minyak Tanah / minyak goreng.
  • Kompor / Lampu Gas, Tabung Oxygen / Butane Aqualung, Accu.
  • Bahan Peledak / Bom, Senjata Api dan Amunisinya, Kembang Api, Tabung Gas, Korek, Pylox.
  • Cairan yang bersifat korosif dan beracun (Accu / Air Raksa / Cuka)
  • Air Zam-zam ataupun Air minum (di pesawat nanti akan disediakan minuman)
  • Cairan dalam botol lebih dari 100 ml (kecap, madu, Anggur)
  • Benda yang mengandung magnet.
  • Buah atau benda yang berbau menyengat (durian, trasi dll)
  • Tidak perlu membawa beras dan alat-alat masak karena peraturan maktab haji sekarang dilarang untuk memasak dalam hotel pemondokan haji.

  • Calon Haji Boleh Membawa Rokok Berapa Slop?

  • Jika anda perokok berat, silahkan membawa rokok maksimal 2 slop dan lebih baik ditaruh dalam koper besar. jangan khawatir tidak bisa merokok, karena di tanah suci juga banyak yang jualan rokok. (jika membawa lebih dari 2 slop siap-siap saja kalau kelebihannya diambil pihak imigrasi)
  • Jangan sekali-kali membawa jimat, keris, pusaka dan sebagainya, anda bisa dihukum pihak imigrasi kerajaan arab saudi jika ketahuan membawa barang-barang seperti itu. karena syirik hukumnya haram dan bisa-bisa anda akan dipancung di saudi kalau anda membawa barang-barang yang bisa menimbulkan syirik.
  • Jangan membawa obat terlarang seperti narkotik, heroin, ganja dan sebagainya, karena hukumannya sangat berat, setimpal dengan hukuman membawa jimat keris diatas.



Dilarang Untuk Dibawa Calon Jamaah Haji
Dilarang Untuk Dibawa Calon Jamaah Haji



Catatan: Cutter / pisau dapur dan Gunting kecil dapat dibawa, tetapi dimasukkan ke dalam Koper Besar
Next article Next Post
Previous article Previous Post