27 Untaian Nasehat Indah Syekh Ali Jaber yang Bikin Hati Teduh dan Selalu Ingat pada Sang Khaliq

27 Untaian Nasehat Indah Syekh Ali Jaber yang Bikin Hati Teduh dan Selalu Ingat pada Sang Khaliq

27 Untaian Nasehat Indah Syekh Ali Jaber yang Bikin Hati Teduh dan Selalu Ingat pada Sang Khaliq



Syekh Ali Jaber terkenal dengan pembawaannya yang lembut dan sangat bijaksana.


Syekh Ali Jaber selalu melontarkan kalimat-kalimat indah yang menyejukkan hati.


Sebagai seorang pendakwah, Syekh Ali Jaber selalu menyampaikan nasihat-nasihat yang mengingatkan semua orang untuk selalu dekat dengan-Nya.


Dikutip Kabarmakkah.com dari kanal YouTube Deddy Corbuzier pada 16 September 2020, inilah 27 Untaian Nasehat Indah Syekh Ali Jaber.  


1. Tidak ada sesuatu terjadi kebetulan, semua ditunjukkan oleh Allah.


2. Pertama, Alhamdulillah. Kenapa Alhamdulillah karena di situ ujiannya. Karena ini ujian kita mampu ucapkan Alhamdulillah ketika musibah bukan hanya ketika senang.


3. Ketika tertimpa musibah dia yakini ini dari Allah "Alhamdulillah" berarti kata Alhamdulillah kita masih mau memuji Allah walaupun kita lagi tertimpa musibah, di situ saya meyakini akan datang ketenangan yang luar biasa.


4. Kemuliaan akhlak seseorang bukan di saat lagi santai tetapi pada saat diuji kemuliaan akhlak seseorang ketika musibah. 


5. Saya lebih baik korban sendiri daripada korban umat.


6. Saya berdakwah kemana pun saya selalu punya satu tujuan yaitu ridha Allah. Jemaah senang atau tidak senang, suka atau tidak suka itu bukan target saya.


7. Namanya manusia dipuji pasti tinggi, dihina dicaci pasti turun, kalau kita bisa jadikan sama saja maka tenang kita.


8. Kalau dipuji Alhamdulillah nikmat dari Allah, Allah yang menggerakkan lidah mereka memuji saya. Kalau dimaki Allah takdirkan ujian, sudah selesai. 


9. Tidak ada satu kata yang keluar dari mulut orang kalau belum dizinkan oleh Allah.


10. Kita harus bisa belajar pasrah diri kepada Allah.


11. Jangan kita hanya berbicara seperti di Iftitah kita tetapi mana buktinya. Salatku, ibadahku, matiku, dan hidupku lillah mana buktinya. Sehari-hari beraktivitas itu terlihat buktinya.


12. Allah tidak menerima dari ucapan saja, banyak orang berkata aku cinta Nabi Muhammad tetapi kita lihat perilakunya sudah mencerminkan Nabi Muhammad tidak. 


13. Kita pintar berbicara, pandai berbicara, bisa mengambil kalimat yang terbagus, kalimat yang terindah tetapi kalau perilaku kita tidak baik buat apa.


14. Kalau ada salah, saya tidak ada rasa malu untuk segera minta maaf.


15. Saya tidak menunggu ada orang yang menerima nasihat saya dan dia berubah. Orang yang ikhlas, dia bisa menyampaikan dakwah dan tidak menunggu jumlah pengikutnya.


16. Dengan namamu Ya Allah bismillahi ar-rahmani ar-rahimi, saya menghadapi jemaah dan saya tidak punya ilmu apa-apa, gerakkan lidah dan hati saya untuk menyampaikan yang terbaik buat jemaah. 


17. Jangan main hukum, urusan Allah ya urusan Allah. Kita semua punya dosa, kita semua punya aib tetapi Allah menutupi aib kita.


18. Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan dipandangi dia buruk, barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah bisa menyebabkan terampuni semua dosanya.


19. Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah, masing-masing punya rahasia sama Allah, punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barangkali tidak ada manusia pun yang tahu.


20. Wahai anak Adam kalau dosamu sampai ke lapisan langit dan kamu Istighfar maka akan Aku ampuni semuanya dan kata Allah Aku tidak peduli berapa banyaknya. 


21. Kita tidak tahu orang yang pemabuk, kita memandangi dia dalam rasa sayang, rasa kasihan, kita doakan. Namun, kita tidak boleh memandangi buruk.


22. Mungkin sekarang dia di depan kita tukang mabuk tetapi besok di akhir hayatnya dapat hidayah, dia meninggal dunia dalam keadaan sujud, justru kita karena menghina dia kita meninggal dalam keadaan minum minuman keras.


23. Tugas kita itu membahagiakan orang, binatang kita kasih sayang apalagi manusia.


24. Ketenangan di hati ini kuncinya adalah kemuliaan akhlak. Kemuliaan akhlak itulah inti dari agama. 


25. Kemuliaan akhlak bisa mencapai derajat tinggi melebihi daripada derajat orang tahajud dan puasa.


26. Tidak ada yang buruk datang dari Allah, mungkin dipandangan kita buruk tetapi dibalik keburukan itu ada kebaikan.


27. Mari kita menjaga kedamaian, menjaga persatuan, ada yang berbeda di antara kita ada pandangan beda pemahaman itu wajar, manusia beda otak beda daya pikir. Namun, jangan gara-gara perbedaan itu kita jadikan permusuhan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post