10 Nasihat Islami yang Diungkapkan Syekh Ali Jaber Semasa Hidupnya, Penuh Makna dan Menyentuh Kalbu

10 Nasihat Islami yang Diungkapkan Syekh Ali Jaber Semasa Hidupnya, Penuh Makna dan Menyentuh Kalbu

10 Nasihat Islami yang Diungkapkan Syekh Ali Jaber Semasa Hidupnya, Penuh Makna dan Menyentuh Kalbu



Wafatnya ulama asal Madinah, Syekh Ali Jaber pada Kamis, 14 Januari 2021 telah membuat masyarakat Indonesia kehilangan sosok yang murah hati dan menjadi salah satu panutan bagi umat muslim tanah air.


Banyak nasihat yang beliau berikan semasa hidupnya. Sering kali nasihat-nasihat yang diungkapkan oleh Syekh Ali Jaber mampu mengetuk hati para pendengarnya. 


Berikut kumpulan nasihat islami penuh makna dari Syekh Ali Jaber:


1. "Kita tidak mengetahui amalan mana yang menyebabkan husnul khatimah dan masuk surga. Bisa jadi amal saleh yang sederhana, kecil, dan remeh, namun ternyata melalui amal tersebut kita terjamin husnul khatimah dan masuk surga." 


2. "Janganlah memandang buruk wanita yang belum berhijab. Barangkali dia memiliki 2 rakaat tahajud di sisi Allah yang mampu mengampuni dosanya. Kita tidak mengetahui urusan manusia dengan Allah dan masing-masing pasti memiliki rahasia." 


3. "Jika tidak dapat membalas, janganlah berlebihan. Lebih baik diam, lebih baik lagi ikhlaskan, dan lebih sempurna lagi memaafkan." 


4. Jadikan bersyukur sebagai tanda sapaan kepada Allah setiap hari. Karena hal baik tidak datang setiap waktu dalam hidupmu, tetapi Allah selalu ada dalam hidupmu setiap hari." 


5. Ucapkanlah Alhamdulillah ketika mendapat musibah, karena di sanalah letak ujiannya. Apakah kita mampu mengucapkan Alhamdulillah ketika mendapat musibah dan bukan hanya ketika senang?" 


6. "Kebahagiaan itu ibaratnya kupu-kupu, jika kau mengejarnya, ia melarikan diri darimu, tapi jika kau duduk dengan tenang, ia akan turun ke tanganmu. Maka bersabarlah karena sabar itu indah." 


7. "Saat kamu mengeluh sakit gigi, bayangkanlah Rasulullah SAW yang patah giginya (saat berperang di jalan Allah SWT). Saat kamu difitnah? Bayangkan Rasulullah yang dituduh penyihir dan orang gila." 


8. "Jangan memberi tahu siapa pun tentang maksiatmu karena dua sebab: Pertama, karena maksiat bukan untuk dibanggakan. Kedua, manusia tidak akan melupakan keburukanmu, walaupun kau telah bertobat." 


9. "Jika seorang hamba tahu bagaimana Allah SWT mengatur seluruh hidupnya maka pasti dia akan tahu bahwa Allah lebih mencintai dia daripada kedua orang tuanya, maka otomatis hati pun akan condong untuk selalu mencintai Allah." 


10. "Kaca yang pecah suaranya akan langsung hilang dan meninggalkan serpihan kaca yang melukai siapa yang menyentuhnya. Begitu juga perkataan yang melukai hati akan cepat hilang suaranya tetapi hatinya terluka untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, jangan mengatakan sesuatu kecuali yang baik-baik saja." 


Itulah 10 nasihat yang pernah diberikan Syekh Ali Jaber. Semoga kita bisa mengamalkan nasihat baik tersebut sehingga mendapat berkah dari Allah SWT.

Next article Next Post
Previous article Previous Post