Naudzubillah! Inilah 5 Hal Sepele Penyebab Banyak Wanita Masuk Neraka

Naudzubillah! Inilah 5 Hal Sepele Penyebab Banyak Wanita Masuk Neraka

author photo

 

Naudzubillah! Inilah 5 Hal Sepele Penyebab Banyak Wanita Masuk Neraka


Dua tempat di akhirat yang Allah ciptakan bagi kaum muslimin dan musyrikin yaitu surga dan neraka. 


Namun, dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita. Benarkah? 


Dari Imran bin Husain ra, Rasulullah bersabda: "Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita (HR. Bukhari, 3241 dan Muslim, 2737). 


Setelah itu, Rasulullah ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat Abdullah bin Abbas r.a, dia berkata, Rasulullah bersabda: "Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, Dikarenakan kekufurannya. Lalu ada yang berkata, "Apakah kufur kepada Allah?' Beliau menjawab, 'Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. 


Jika Anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat Anda (sedikit) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, "Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari Anda” (HR. Bukhari, no. 1052). Hadis tersebut diperuntukkan bagi kaum Muslimah agar menjaga komitmen dalam menjalankan kewajibannya. 


Terutama menjaga salat, menjauhi syirik, dan menjauhi apa yang diharamkan oleh Allah SWT. 


Lantas, apa saja penyebab banyak wanita masuk neraka?

 

5 Hal Sepele Penyebab Banyak Wanita Masuk Neraka


1. Memperlihatkan Aurat 


Setiap wanita wajib menutup auratnya. Aurat dari seorang wanita adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan kedua telapak tangan. 


Namun mirisnya, sampai sekarang masih banyak wanita yang memperlihatkan auratnya dan mengenakan pakaian ketat sehingga membuat kaum pria pun tergoda. 


Padahal, Allah SWT menjanjikan kepada wanita yang menjaga auratnya, akan mendapat belaian rahmat dari Allah yang tidak terkira besarnya. 


2. Tidak Mandi Wajib Sesudah Haid 


Haid merupakan uzur penyebab wanita tidak salat setiap bulannya, dan juga menjadikan wanita menjadi kotor. Oleh karena itu, wanita diwajibkan untuk mandi wajib agar tubuh menjadi bersih kembali dari kotoran hadas besar. 


Meskipun begitu, terkadang wanita lupa tidak mandi sesudah haid. Rasulullah melihat di antara kerumunan wanita yang menjerit-jerit dengan siksaan yang begitu pedih. Kaki dan tangan mereka diikat. Salah satu penyebabnya ialah mereka tidak mandi wajib setelah haid. 


3. Dandan Agar Dilihat Pria lain 


Ibnu Abbas meriwayatkan hadis dari Rasulullah SAW bersabda: 


"Apabila seorang wanita keluar rumah dengan bersolek dan memakai haruman (suami ridha) maka dibangunkan untuk suaminya sebuah rumah di neraka". 


Saat ini berdandan ketika ingin keluar rumah merupakan hal wajar, padahal salah satu penyebab wanita masuk neraka ialah berdandan agar terlihat cantik dan dilihat pria lain yang bukan mahramnya. 


4. Menyakiti Hati Suami 


Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda: "Tidak seorang wanita pun yang boleh menyakiti hati suaminya melalui kata-kata kecuali Allah SWT akan membuat mulutnya kelak di hari kiamat selebar tujuh puluh dira', kemudian akan mengikatkannya di belakang lehernya". 


Ada beberapa sikap yang teramsuk dalam menyakiti hati suami, yaitu meminta cerai tanpa alasan, tidak mau melayani kebutuhan biologis suami, dan membelanjakan harta suami tanpa izin. 


5. Keluar Rumah Tanpa Ijin Suami 


Salah satu cara dalam menghindari penyebab ini ialah meminta izin kepada suami saat ingin keluar. 


Namun saat ini masih banyak istri yang keluar tanpa izin suami, seolah-olah hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar. 


Padahal pada kenyataanya, keluar rumah tanpa meminta izin dari suami bisa menjadi penyebab masuk neraka.

Next article Next Post
Previous article Previous Post