Doa Ketika Angin Bertiup Kencang

Doa Ketika Angin Bertiup Kencang

 

Doa Ketika Angin Bertiup Kencang


Angin merupakan peristiwa alam yang ada di bumi ini. Angin dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu angin yang bertiup tenang dan yang bertiup kencang. Angin yang bertiup tenang, sejatinya tidak membahayakan makhluk hidup di bumi ini dan banyak membawa manfaat,


Sebaliknya, angin yang bertiup kencang dapat membahayakan, serta menimbulkan ketakutan bagi makhluk hidup di bumi ini, seperti angin topan, angin puting beliung, dan angin lainnya. 


Apabila angin yang bertiup kencang datang, kita dilarang mencacinya, karena sesungguhnya angin itu merupakan ciptaan Allah dan Allah lah yang mengendalikan angin itu. 


Sebaliknya, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berdoa ketika angin ini datang, agar tidak membahayakan diri kita, serta meminta keselamatan dan perlindungan kepada Allah SWT. dari kejelekan angin yang datang.


Berikut, adalah dua doa ketika angin bertiup kencang yang dianjurkan oleh Rasulullah.



Doa pertama:


Allaahumma innii as-aluka khoirohaa, wa a-‘uudzubika minsyarrihaa.


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya."


Doa tersebut, terdapat dalam hadits yang sanadnya shahih, yaitu HR. Abu Dawud (no. 5097), ibnu Majah (no. 3727), dan lihat Shahih al-Adzkar (no. 521/381).


"Rasulullah saw. bersabda: 'Angin itu termasuk rahmat Allah yang datang membawa rahmat dan kadangkala membawa adzab. Jika kalian melihat angin kencang, janganlah kalian memakinya, tapi mintalah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya."


Doa kedua:


Allaahumma innii as-aluka khoirohaa, wakhoiro maa fiihaa, wakhoiromaa ursilat bih, wa a-‘uudzubika minsyarrihaa, wasyarrimaa fiihaa, wasyarrimaa ursilat bih.


Atinya: "Ya Allah, sungguh kepada-Mu aku memohon kebaikan angin ini, kebaikan apa-apa yang ada padanya dan kebaikan tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan angin ini, kejelekan apa-apa yang ada padanya dan kejelekan tujuan angin ini dihembuskan."


Doa tersebut terdapat dalam hadits yang sanadnya shahih, yaitu HR. Muslim (no. 899 [15]) dan at-Tirmidzi (no. 3449) dari Aisyah ra.


Doa di atas, sebaiknya diamalkan ketika mendapati angin bertiup kencang. Dengan mengamalkan doa tersebut, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari kejelekan angin yang bertiup kencang dan semoga angin yang bertiup kencang itu tidak membahayakan diri kita, Aamiin. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post