Memiliki Banyak Keutamaan, Sempatkan Baca Ayat Ini Setelah Sholat & Sebelum Tidur

Memiliki Banyak Keutamaan, Sempatkan Baca Ayat Ini Setelah Sholat & Sebelum Tidur

author photo

 

Memiliki Banyak Keutamaan, Sempatkan Baca Ayat Ini Setelah Sholat & Sebelum Tidur


Bagi umat muslim, membaca Al – Qur’an menjadi salah satu cara paling mujarab untuk menenangkan jiwa. 


Ketika sedang sedih, kecewa, risau, ataupun ragu, ambilah Al – Qur’an dan bacalah. 


Karena Al – Qur’an memiliki nama lain As – syifa yang artinya obat, jadikanlah Al- Qur’an sebagai obat dari penyakit hatimu. 


Namun pada artikel ini kami akan membahas tentang keutamaan dari ayat kursi. 


Ayat kursi ini berada di surah Al - Baqarah ayat 255. Diawali dengan “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” 


Bacaan tersebut menjadi istimewa dan memiliki banyak keutamaan karena Imam Nawawi menyebutkan, para ulama berkata bahwa di dalam ayat kursi terdapat nama dan sifat Allah yang penting yaitu sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, sifat kehendak. Itulah tujuh nama dan sifat dasar yang disebutkan dalam ayat kursi. (Syarh Shahih Muslim, 6: 85) 


Sebelum Tidur

 

Bagi umat muslim, hendaknya sebelum tidur membaca ayat kursi terlebih dahulu. Karena Allah menjanjikan perlindungan selama kita terlelap, jika kita membaca ayat kursi sebelum tidur. Seperti yang diriwayatkan di (HR. Al Hakim 1: 562. 


Imam At Tirmidzi menshahihkan hadits tersebut


“Siapa yang membacanya (ayat kursi) ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” 


Setelah Sholat 5 Waktu

 

Seringkali terjadi ketika kita selesai menunaikan sholat, kita terburu – buru menyudahinya. 


Padahal dalam sebuah hadist diriwayatkan Imam Atthabrani dari Sayidina Hasan bin Ali, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 


“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah shalat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga shalat berikutnya.” 


Dengan dahsyatnya keutamaan membaca ayat kursi setelah sholat 5 waktu, akan sangat disayangkan jika kita tidak melakukan hal tersebut. 


Oleh karena itu setelah kalian membaca artikel ini, semoga dapat menjadi pengetahuan baru bagi kalian dan menjadi langkah awal kalian untuk mulai menerapkan membaca ayat kursi secara istiqomah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post