Sejumlah Hotel di Makkah Banting Harga, Obral Diskon Gila-gilaan

Sejumlah Hotel di Makkah Banting Harga, Obral Diskon Gila-gilaan

author photo
Sejumlah Hotel di Makkah Banting Harga, Obral Diskon Gila-gilaan



Sejumlah hotel di Makkah, Arab Saudi memangkas harga hingga ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika musim umrah tiba. Harga kamar hotel di sana kini turun sampai SR38 atau 10 dolar Amerika Serikat di beberapa daerah.


Hotel bintang lima dengan pemandangan Masjidil Haram di Makkah juga bersiap-siap melanjutkan aktivitas kembali dengan menawarkan diskon besar menyusul dibukanya kembali umrah oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


Kota Suci umat Islam ini memiliki lebih dari 1.400 hotel, yang merupakan lebih dari dua pertiga sektor akomodasi di seluruh Arab Saudi.


Dikenal memiliki harga tertinggi sepanjang tahun, yang mencapai puncaknya sekitar tiga kali selama musim sibuk, kamar hotel di dekat Masjidil Haram saat ini berharga antara SR250 dan SR700 atau sekitar 77 hingga 187 dolar AS.


Menteri Haji dan Umrah Dr. Mohammed Saleh Benten dalam sebuah Tweet menyampaikan bahwa banyak hotel-hotel pusat Makkah yang telah bertahan selama masa uji pandemi. 


Benten mengungkapkan rasa terima kasih dan kebahagiaannya atas penawaran luar biasa yang dibuat oleh hotel-hotel Makkah, dan menggambarkannya sebagai lingkungan yang aman yang mempertimbangkan persyaratan kesehatan. 


Abdullah Filali, Ketua Komite Hotel Kamar Dagang dan Industri Makkah, mengatakan bahwa promosi yang diumumkan oleh beberapa hotel adalah cara bertahap untuk merevitalisasi sektor tersebut. 


Dia mengatakan penetapan harga hanyalah awal dari kembalinya kesehatan secara bertahap dan progresif untuk industri yang bermasalah. 


Filali mencatat bahwa harga tidak mencerminkan volume pekerjaan, yang jatuh ke level terendah setelah pandemi melanda. 


“Semua hotel harus menggunakan bantuan negara 'SANED,' untuk menjaga karyawan mereka dan memperbaiki dokumen mereka,” kata Filali seperti dilansir dari Arab News. 


Menurutnya, hanya empat hotel sentral yang mulai hidup kembali dan pemulihan sektor akomodasi akan berjalan dengan baik pada Oktober 2021. 


“Daya saing akan kembali pada akhir 2023,” kata Filali. 


Manajer salah satu hotel yang menghadap pusat Makkah, Fadel Munqal, mengatakan bahwa upaya negara untuk melayani umat Islam jelas dan terbukti melalui perlindungan keselamatan jamaah. 


Langkah-langkah untuk melanjutkan umrah sesuai dengan rencana kesehatan dan kehati-hatian dan memastikan perlindungan kesehatan dan keselamatan, tambahnya. 


“Kerajaan berupaya untuk mencapai tingkat kepastian dan kesiapan tertinggi untuk semua peziarah dari berbagai negara, yang akan dicapai dengan dimulainya tahap ketiga dari rencana tersebut. Ini akan menunjukkan kembalinya sektor akomodasi yang sebenarnya dan memungkinkan para peziarah mengalami pengalaman spiritual dan pariwisata yang terintegrasi, ”kata Munqal. 


Dia menambahkan Kerajaan Saudi mengorbankan kesejahteraan ekonomi dalam langkah mulia untuk melindungi keselamatan haji selama haji dan umrah. Munqal mengatakan bahwa Arab Saudi memiliki kemampuan untuk membantu hotel bersaing-sesuai dengan tindakan pencegahan - dengan kedatangan jamaah dari seluruh dunia. Ia menambahkan, Makkah menyediakan situs Islam, selain museum sejarah penting. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post