Baca Doa Ini Setiap Hari Pagi dan Sore Agar Terhindar dari Musibah dan Bala

Baca Doa Ini Setiap Hari Pagi dan Sore Agar Terhindar dari Musibah dan Bala

 

Baca Doa Ini Setiap Hari Pagi dan Sore Agar Terhindar dari Musibah dan Bala


Datangnya suatu musibah dan bala tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan itu akan terjadi. 


Namun, dengan berdoa setiap hari, pagi dan sore kepada Allah SWT. Maka kita senantiasa akan terhindar dan terlindungi dari musibah dan bala maupun yang lainnya. 


Doa merupakan bentuk bicara atau permohonan seorang hamba kepada Tuhan yaitu Allah SWT. Termasuk melantunkan doa keselamatan. 


Hal ini merupakan cara kita bersandar kepada Allah SWT dalam memohon pertolongan dari apa-apa yang kita khawatirkan. 


Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber. Doa itu diajarkan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi dari Utsman bin Affan: 


مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ 


”Tidak ada seorang hamba pun yang membaca doa berikut tiga kali setiap pagi hari dan setiap sore hari melainkan tidak akan ada suatu bahaya apapun yang mengenainya" 


Berikut adalah lanjutan doa keselamatan yang bisa dibacakan setiap hari: 


بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 


Artinya: “(Aku berlindung) dengan Nama Allah yang bersama nama-Nya tidak ada sesuatu di bumi dan di langit yang bisa membahayakan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (HR. Abu Dawud & Al-Tirmidzi, lafadz milik al-Tirmidzi). 


Doa yang ada dalam pertanyaan itu ada ketetapan riwayatnya dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam sebagaimana hal itu disebutkan oleh sebagian ahli ilmu. 


Dari Aban bin Utsman dari Utsman bin Affan radhiallahu anhu berkata, saya mendengar Rasulullah sallallaahu alaihi wa sallam bersabda: 


Bacakan sebanyak tiga kali, maka tidak akan terkena musibah mendadak sampai pagi. Dan siapa yang mengucapkan waktu pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah mendadak sampai sore hari. 


Pelajaran yang terdapat didalam hadist: 


1. Maksud mengucapkan Bismillah di sini adalah Bismillah Asta’idz (dengan menyebut nama Allah aku berlindung), maksudnya berlindung kepada Allah melalui nama-Nya. 


2. Siapa yang berlindung kepada Allah dengan menyebut nama-Nya maka dia akan aman dari musibah yang datang dari arah bumi dan dari arah langit. Artinya tidak ada bala’ dan musibah dari arah bumi dan langit yang menimpa dirinya. 


3. Lebih lagi saat ini baru mewabah di bumi Covid-19 sangat baik dibaca setiap pagi hari dan sore hari. 


4. Doa ini menjadi sebab seseorang terlindungi dari berbagai gangguan, keburukan, dan kejahatan (seperti sakit atau pengaruh buruk) yang ditimbulkan oleh makhluk yang memiliki keburukan dan potensi jahat, seperti jin, manusia, dan selainnya, baik yang nampak atau tersembunyi. 


5. Doa ditutup dengan 2 nama Allah, al-Samii’ (maha mendengar) dan al-‘Aliim (maha mengetahui). Yakni Maha mendengar perkataan para hamba-Nya. Maha mengetahui perbuatan-perbuatan mereka. tidak ada sesuatu yang tertutupi dari diri-Nya; baik yang ada di langit dan yang ada di bumi. 


6. Jika seseorang melakukan sebab syar'i ( dengan membaca doa ini) yang diajarkan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, lalu tidak didapatkan manfaatnya, maka itu bukan karena doa ini tidak berkhasiat atau penyampainya berdusta. Tidak. Tetapi karena adanya Mawani' (penghalang) dari dikabulkannya doa tersebut. 


7. Hendaknya orang yang mengalami hal demikian mengintrospeksi diri dan mencari tahu apa yang menghalangi dari terkabulnya doa perlindungan yang dibacanya tersebut. 


Mungkin, karena makanan yang tidak halal, banyaknya kemaksiatan yang dikerjakan, atau mungkin masih ada durhaka kepada orang tua. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post