Alquran Ungkap Fakta Mengejutkan Yang Akan Dialami Otak Manusia di Usia 40 Tahun

Alquran Ungkap Fakta Mengejutkan Yang Akan Dialami Otak Manusia di Usia 40 Tahun



Usia 40 tahun diakui sebagai usia yang sangat istimewa, karena di usia tersebut manusia diyakini mencapai tingkat kematangan dan kesempurnaan akalnya.

Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim diangkat menjadi utusan Allah SWT dalam usia 40 tahun.

Ilmu pengetahuan membuktikan saat manusia mencapai usia 40 tahun, tulang rawan pada tengkorang seseorang akan semakin sempurna tingkar kerasnya.

Ia akan tumbuh dan menyempurnakan struktur tengkorak kepala, sehingga memengaruhi inti akal yang terletak di otak.

Sempurnanya kepala dan akal ternyata telah dijelaskan di dalam Alquran sekitar 1.400 tahun lalu, sebelum kebenarannya dibuktikan oleh penelitian secara ilmiah.

Hal itu seperti dijelaskan dalam buku ‘Sains dalam Alquran’ karya Dr. Nadiah Thayyarah.

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim," (Surah Al-Ahqaf ayat 15)

Ayat ini menyatakan pentingnya usia 40 tahun dalam kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, kenabian datang kepada para nabi saat mereka berusia 40 tahun.

Ayat tersebut juga mengungkap kedewasaan dan kematangan seseorang saat ia sudah mencapai kematangan akal, yaitu saat kepala sudah mencapai bentuk tertentu dan tidak lagi membesar atau mengecil.

Pada usia 40 tahun, tubuh laki-laki maupun perempuan sudah mulai terlihat rapuh, walau penampilan kadang masih terlihat muda dan segar.

Perubahan Yang Tidak Disadari di Usia 40 Tahun


Setidaknya ada beberapa perubahan dalam tubuh yang kadang-kadang tidak disadari seseorang.

Ketika seseorang dilahirkan, ia dikaruniai sekitar 9.000 reseptor perasa. Namun seiring bertambah tua, jumlahnya akan berkurang dan menyebabkan mulai kehilangan beberapa sensasi rasa. Biasanya dimulai dengan rasa asin, manis dan kemudian pahit serta asam.

Seseorang juga akan mendapat serangan dari virus dengan jumlah yang lebih banyak dari umur-umur sebelumnya. Namun, sistem kekebalan tubuh dia justru semakin kuat dan semakin jarang sakit.

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, seseorang harus menjalani gaya hidup sehat dan cukup tidur. Gunakan waktu luang untuk berolahraga di luar ruangan sembari menghirup udara segar.

Pada usia 40, seseorang akan mulai mengalami pandangan yang kabur atau masalah penglihatan lain, misalnya ia akan membutuhkan lebih banyak cahaya untuk membaca dan melihat adanya perubahan dalam persepsi warna.

Selain penglihatan, pendengaran orang berumur 40 tahun juga memburuk. Hal ini terjadi karena adanya perubahan struktur membran timpani dan telinga bagian dalam.

Tubuh seseorang akan mulai menyusut setelah umur 30 tahun. Anda dapat melihat perubahan ini ketika berusia 40 tahun. Menurut data yang dikumpulkan oleh University of Arkansas jurusan Ilmu Kedokteran, pria dapat secara bertahap kehilangan tinggi badan satu inci antara usia 30 dan 70, dan wanita dapat kehilangan tinggi badan sekitar dua inci.

Jika Anda menderita gigi sensitif saat usia muda, masalah ini dapat hilang saat Anda bertambah tua. Hal tersebut terjadi karena dentin, jaringan kalsifikasi pada gigi yang tumbuh seiring berjalannya waktu. Itulah sebabnya, sensitivitas semakin berkurang.

Namun demikian, ada juga sisi kelemahannya: setelah adanya perubahan ini, ada kemungkinan Anda tidak akan mengerti bahwa ada yang salah dengan gigi Anda.

Beberapa orang tidak dapat mencerna produk susu sejak kecil, sedangkan lainnya bisa mendapatkan masalah ini nanti, saat ia bertambah tua.

Intoleransi laktosa biasanya menyerang wanita Afrika, Amerika, dan Asia yang usianya di atas 40 tahun. Pada usia ini, tingkat enzim laktase yang membantu mencerna laktosa, menurun drastis. Akibatnya, susu tidak dapat dicerna dan menyebabkan masalah dalam usus besar.

Usia 40 Tahun dalam Alquran


Usia 40 tahun adalah batas antara muda dan tua. Usia tersebut manusia tidak lagi dikatakan muda, tetapi belum pula dikatakan tua. Sedang mengarah ke sana.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mengatakan bahwa usia umatnya adalah antara 60-70an, jarang yang sampai 80-an. Artinya, usia 40 sudah melewati lebih dari separuh hidup. Jatah hidupnya semakin berkurang.

Maka, usia 40 tidak lagi pantas nongkrong-nongkrong di pinggir jalan, kafe, berkumpul di tempat yang sia-sia, begadang tanpa tanpa makna. Hendaknya mulai menarik diri dari fitnah dunia, memperbaiki diri dengan ibadah, berkumpul dengan orang saleh sambil menanti jadwal kematiannya.

Imam Al Qurthubi Rahimahullah mengatakan, di usia 40 akal manusia berada pada puncak kecemerlangannya. Sedangkan sebelum dan sesudahnya berkurang keadaannya.

Imam Malik berkata, "Aku jumpai para ulama di negeriku (Madinah), mereka mengejar dunia, ilmu, dan berbaur dengan manusia, sampai datang kepada mereka usia 40 tahun, aku lihat mereka memisahkan diri dari manusia, mereka disibukkan dengan perkara akhirat sampai datang waktu kematian mereka." (Tafsir Al Qurthubi, 14/353)

Syaikh Mutawalli Asy Sya'rawiy Rahimahullah mengatakan, barangsiapa yang sampai 40 tahun belum bersama petunjuk, maka tidak ada angan-angan padanya, neraka lebih pantas dengannya. Sebab, ketika dia ingkar dan menyimpang di usia remaja, muda, dan enerjik, maka kami katakan: "Sesungguhnya ganasnya syahwat para pemuda sampai masa akhir mudanya, maka ini dimaklumi dan dia diberikan 'udzur, adapun di usia 40 apa yang bisa dimaklumi? (Tafsir Asy Sya'rawiy, 15/957)
Next article Next Post
Previous article Previous Post