Awas, Ini Dampak Buruk Jika Makanan Lebaran Terbuang Sia-sia

Awas, Ini Dampak Buruk Jika Makanan Lebaran Terbuang Sia-sia

Awas, Ini Dampak Buruk Jika Makanan Lebaran Terbuang Sia-sia


Perayaan Lebaran identik dengan sajian makanan khas yang menggugah selera.

Meski begitu, jangan sampai kalap memakannya, hingga Anda akhirnya kekenyangan dan menyisakan makanan yang Anda makan.

Sisa makanan biasanya berakhir mubazir dengan terbuang sia-sia ke tempat sampah.

Bila selama ini Anda kerap membuang makanan yang tidak habis ke tempat sampah, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan itu.

Nurgina Arsyad, Pegiat Halal Food mengatakan bahwa kita sebagai manusia juga harus tahu proporsi yang baik dan benar ketika sedang makan.

Jangan sampai hawa nafsu membuat Anda memakan sesuatu secara berlebihan atau membuat Anda jadi kekenyangan.

Dalam ilmu kesehatan pun terbukti bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh.

Bahkan, dalam Al-Quran surat Al A'raf ayat 31 juga dijelaskan sebagai berikut:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Nurgina menambahkan, jika masyarakat mengonsumsi makanan secara berlebihan, hal ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah sampah di Indonesia. Data dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia pun dijelaskan bahwa makanan orang Indonesia kalau dikumpulkan dalam satu tahun bisa mencapai 1,3 juta ton.

"Yang lebih bikin kita kudu berpikir lagi, kenapa kita harus menghargai makanan, jumlah sampah makanan dan minuman itu meningkat selama puasa dan juga Lebaran. Ini lebih dari 10 persen data dari Badan Ketahanan Pangan," jelasnya.

Apabila Anda memiliki makanan yang lebih, Nurgina menyarankan agar Anda sebaiknya memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Jangan sampai makanan tersebut terbuang sia-sia dan menjadi sampah.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan nikmat yang telah Allah SWT berikan untuk Anda dan keluarga tercinta. Karena berkat-Nya, Anda masih bisa menikmati makanan yang lezat.

"Dalam Al-Quran pun kita diminta bersyukur. Makanlah yang baik-baik dan bersyukurlah. Ternyata itu doa bukan untuk kita kepada Maha Pencipta saja, ternyata itu mudah-mudahan menjadi doa untuk orang yang bertani, orang yang membantu bagaimana makanan itu didistribusikan dari petani hingga ke meja makan kita," tutur Kepala Subbidang Verifikasi dan Penilaian Halal Rumah Potong Unggas dan/atau Hewan dan Produk Jasa Bidang Verifikasi Kementerian Agama Republik Indonesia tersebut.

"Jadi, di situ ada berkah. Di situlah kenapa kita harus menghargai makanan sekecil apa pun," terang Nurgina.

Nah Moms, di hari Lebaran ini, jangan sampai makan berlebihan sehingga membuat Anda kekenyangan. Bahkan, jika Anda punya makanan berlebih, ada baiknya segera berikan kepada yang lebih membutuhkan.

Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengurangi volume sampah makanan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post