Mengapa Bulan Yang Paling Mulia Adalah Ramadhan?

Mengapa Bulan Yang Paling Mulia Adalah Ramadhan?

author photo
Mengapa Bulan Yang Paling Mulia Adalah Ramadhan?

Rasulullah pernah bersabda : "Bulan yang paling mulia adalah bulan Ramadhan".

Ada beberapa keutamaan yang menjadikan bulan ramadhan, menjadi paling mulianya bulan diantara beberapa bulan.

Yang pertama : bulan ramadhan adalah bulan sabar. Dikatakan bulan Ramadhan adalah bulan sabar, karena memang setiap orang iman akan diuji kesabaranya di bulan Ramadhan, mereka dituntut untuk meninggalkan apa-apa yang diinginkan, dituntut untuk meninggalkan apa-apa yang disenangi, untuk mencari Ridonya Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ”Puasa dibulan sabar, dan puasa 3 hari disetiap bulan akan menghilangkan penyakit hati”.

Maka jelas keutamaan yang pertama bulan Ramadhan di katakan bulan yang paling mulia karena memang bulan Ramadhan adalah bulan untuk menguji kesabaran untuk setiap orang iman bersiaplah untuk mengikuti ujian, mengetes kesabaran kita, bagaimana sabar kita didalam bulan Ramadhan dalam melaksanakan ibadah dan ketaatan.

Yang kedua : Bulan Ramadhan juga dikatakan bulan ibadah. Bulan Ramadhan dikatakan musim ibadah karena didalamnya banyak keutamaan, Allah banyak melipatkan gandakan pahala, Allah banyak memberi keutamaan amalan-amalan dibulan Ramadhan.

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa setiap golongan ada musim-musimnya. Para pedagang mereka ada musim dimana para konsumen mencari, sehingga tuntutan para pedagang siang dan malam berusaha meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Di golongan petani mereka juga punya musim menanam, sehingga saat musim menanam mereka menyingsingkan lengan baju, mereka membanting tulang untuk menanam yang diharapakan mereka bisa menghasilkan dengan hasil yang memuaskan disaat panen.

Begitu juga para pelajar, mereka punya musim yaitu musim ujian yang mereka selalu mengulang-ulang pelajarannya, mereka meninggalkan tidurnya untuk belajar, supaya diujian mereka mendapatkan nilai yang bagus.

Begitu juga sebagai orang iman, supaya bersiap-siap untuk memperbanyak ibadah, supaya menggunakan waktu-waktu untuk banyak mendapatkan pahala untuk banyak mendapatkan kefadholan untuk bekal diakhirat nanti.

Kemudian yang ketiga: keutaman bulan Ramadahan adalah bulan kebaikan dan bulan rahmat. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW : ”Ketika datang bualan Ramadhan pintu-pintu Surga dibuka dan pintu-pintu Neraka di kunci, dan para setan di rantai sehingga tidak bebas mengganggu manusia”.

Maka jelas bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, didalamnya banyak Rahmat dari Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW ”Bagi Allah didalam bulan Ramadhan setiap hari, setiap malam Allah memerdekakan hamba-hambanya”.

Maka marilah memperbanyak ibadah, menambah kekuatan, singsingkan lengan baju kita untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal kita di akhirat kita nanti.

Begitu besar begitu banyak keutamaan bulan Ramadhan maka kita selayaknya kita sebagai orang iman orang Islam menyiapkan diri kita, menyiapkan kekuatan kita, menyiapkan kesemangatan kita untuk mendulang pahala di bulan Ramadhan dengan penuh ikhlas dan kesabaran.
Next article Next Post
Previous article Previous Post