Subhanallah, Inilah 10 Keutamaan Istighfar Yang Luar Biasa Dahsyat

Subhanallah, Inilah 10 Keutamaan Istighfar Yang Luar Biasa Dahsyat

author photo
Istighfar artinya adalah memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, mungkin selama ini banyak dari kita yang melupakan keutamaan istighfar sehingga tidak tahu manfaat luar biasa ketika kita senantiasa mengucap lafadz istighfar.

Subhanallah, Inilah 10 Keutamaan Istighfar Yang Luar Biasa Dahsyat


Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala: "Maka Aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu', sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh [72]: 10-12)

Adalah hal yang wajar jika manusia ingin hidup mapan, sejahtera dan makmur. Terhindar dari krisis atau kekeringan. Namun tak banyak dari kita yang menyadari pemicu munculnya kekeringan dan krisis serta solusi agar selamat dan terbebas dari semua problematika tersebut.

Ayat di atas menjelaskan kepada kita dengan jelas tentang salah satu sunnatullah yang mengatur masalah ini.

WASIAT NABI NUH

Ayat 10-12 surat Nuh bercerita tentang metode dakwah Nabi Nuh aalaihissalaam kepada kaumnya yang membangkang. Nabi Nuh memahami bahwa setiap manusia pasti mencintai kemakmuran, kesejahteraan serta beragam kebaikan dunia, maka beliau menggugah hati nurani mereka dengan menawarkan jalan keluar untuk memperbaiki keadaan ekonomi dan terhindar dari krisis.

Nabi Nuh mengajak kaumnya untuk bertaubat dan ber “istighfar” agar hidup mereka berkah, makmur, sejahtera dan selamat dari semua bentuk malapetaka. Nabi Nuh berkata, "Mohonlah ampun (beristighfarlah) kepada Tuhanmu".

Manurut tafsir Ibnu Katsir, maksud ayat di atas adalah "Kembalilah kalian kepada-Nya. Kembalilah kalian dari kesesatan. Bertobatlah kalian sesegera mungkin. Sebab, sesungguhnya barangsiapa yang bertobat kepada-Nya, maka Dia akan menerima tobatnya, sebesar apa pun dosanya, seberat apa pun kekufuran dan kesyirikannya," (Tafsir Ibnu Katsir V/142).

Istighfar menurut kamus bahasa Arab berarti thalabul maghfirah, memohon ampunan. Dan maghfirah adalah wiqaayatu syarri'dz dzunub ma'a satriha, perisai keburukan dosa disertai dengan ditutupinya dosa tersebut sehingga tidak terkuak di masyarakat.

Menurut sebagian ulama, 'istighfar' bermakna memohon ampunan dengan lisan, sedangkan 'tobat' melepas diri dari dosa dengan hati dan seluruh anggota badan. Sebagian lagi tidak membedakan keduanya dan saling melengkapi.

Kejujuran istighfar seseorang tentu dibarengi dengan tobat, sebagaimana kesungguhan tobat seseorang pasti diiringi dengan mengulang banyak istighfar.

10 KEUTAMAAN ISTIGHFAR

Sungguh dahsyat keutamaan istighfar. Ia mampu mendatangkan banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya:

1. Diampuni dosanya. Seperti firman Allah dalam QS Al Muzzammil [73]: 20, "Dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". Sebab, setiap dosa meninggalkan noda hitam pada hati dan noda hitam itu bisa lenyap dengan istighfar.

2. Istighfar bisa menjadi penyebab turunnya hujan yang menghilangkan kekeringan dan menyebabkan kesuburan tanah.

3. Orang yang rajin beristighfar akan dilapangkan rezekinya sehingga hidupnya makmur dan sejahtera.

4. Diberi kemudahan mendapatkan anak dan keturunan.

Tiga keutamaan terakhir ditegaskan Allah dalam ayat di atas, "Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai."

5. Akan ditambah kekuatannya. Firman Allah, "Dan (dia berkata): 'Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa,'" (QS Hud [11]: 52).

6. Akan dimudahkan segala masalahnya. Sabda Rasulullah, "Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka," (HR Abu Daud no. 1520 dan Ibnu Majah no. 3951, dan di-dha'if-kan oleh Albani).

7. Orang yang senantiasa beristighfar akan diberi kenikmatan yang baik terus-menerus. Allah berfirman, "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat," (QS Hud [11]: 3).

8. Dengan beristighfar bisa menolak bala dan bencana. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun," (QS Al Anfaal [8]: 33).

9. Istighfar bisa menjadi penyebab turunnya rahmat Allah. Allah berfirman, "Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat," (QS An Naml [27]: 46).

10. Dihapus kejelekannya dan diangkat derajatnya. Allah berfirman, "Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (QS An-Nisa' [4]: 110).

Subhanallah, Demikianlah korelasi antara istighfar dengan kemakmuran, kesejahteraan, kemudahan dan kebahagiaan hidup.

Baca Juga:




Munculnya berbagai bencana, malapetaka, dan krisis multidimensi barangkali akibat lalai, dosa, dan menjauh dari Allah berikut ajaran-ajaran-Nya, serta enggan beristighfar.

Pantaslah jika istighfar kita posisikan sebagai salah satu solusi dari semua permasalahan. Wallahu A'lam.




Next article Next Post
Previous article Previous Post