Hari Arafah Jangan Disia-siakan, Ini Rahasianya

Hari Arafah Jangan Disia-siakan, Ini Rahasianya

author photo
Hari Arafah Jangan Disia-siakan, Ini Rahasianya


Sehari sebelum hari raya Idul Adha, kaum muslimin yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji disunnahkan untuk berpuasa di hari arafah. Puasa Arafah tersebut dilakukan tepat sehari sebelum hari raya Idul Adha atau di tanggal 9 Dzulhijjah.

Banyak keutamaan yang menjelaskan tentang puasa Arafah. Kali ini kita tidak membahas tentang keutamaan puasanya secara khusus. Akan tetapi keutamaan berdoa di hari tersebut.

Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi). (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Jami' At Tirmidzi).

Bagi Anda sekalian yang belum mampu menunaikan ibadah haji tak perlu risau, karena doa pada hari Arafah ini untuk semua umat Islam, bukan hanya untuk mereka yang sedang wukuf di Arafah.

Al-Hafidz Ibnu Rajab (w. 795 H) menyebutkan sebuah riwayat dari jalur Nufai’ Abi Daud, bahwa Ibnu Umar mengatakan,

Ketika hari arafah, setiap orang yang memiliki iman seberat telur semut maka dia akan diampuni.” ada yang bertanya kepada beliau, ’Apakah khusus untuk yang sedang wukuf di arafah ataukah umum mencakup semua orang?’ “Umum untuk semua manusia.” Jawab Ibnu Umar. (Lathaif al-Ma’arif)

Baca Juga:





Jadi bagi yang sedang haid masih bisa mengambil keutamaan di hari Arafah ini. Manfaatkanlah di hari tersebut untuk beribadah kepada Allah, berdzikir dan berdoa dan bersedekah pada anak yatim dan fakir miskin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post