Subhaanallah.. Ternyata Ini Rahasia Nikah Dari Segi Huruf-Hurufnya

Subhaanallah.. Ternyata Ini Rahasia Nikah Dari Segi Huruf-Hurufnya

author photo
KabarMakkah.Com – Bagi yang masih hidup sendirian tentu mendambakan sebuah pernikahan agar hidup ada yang menemani. Pernikahan memang merupakan sunnah Rasul yang gunanya untuk menyatukan dua insan antara laki-laki dan perempuan dalam ikatan yang halal. Dengannya pula seseorang dapat menambah keturunan sehingga generasi bisa berlanjut.

Rahasia Nikah Dari Segi Huruf-Hurufnya


Namun tahukah Anda bahwa ternyata terdapat rahasia nikah dibalik huruf-hurufnya? Nikah itu sendiri terdiri dari 4 huruf yakni Nun, Kaf, Alif dan Ha. Berikut adalah rahasia di baliknya.

Nikah Itu Merupakan Ni’mat

Huruf pertama dari kata nikah dalam bahasa arab yaitu Nun. Huruf tersebut merupakan kepanjangan dari Ni’mat. Kita semua sepakat bahwa pernikahan merupakan suatu ni’mat baik sejak akad nikah, malam pertama hingga berkehidupan rumah tangga. Semuanya dibalut dengan sebuah kenikmatan.

Perubahan dari hidup sendirian menjadi berpasangan secara sah merupakan ni’mat. Adanya pasangan yang memotivasi dan memberikan dukungan penuh juga merupakan ni’mat. Bahkan getar-getar cinta yang tumbuh selama pernikahan juga termasuk ni’mat.

Jika seluruh hal dari pernikahan adalah ni’mat, maka rasa syukurlah yang harus muncul. Dengan bersyukur, Allah akan menambah keni’matan tersebut dan menjadikan kehidupan rumah tangga menjadi lebih penuh berkah.

Nikah Merupakan Kemuliaan

Huruf yang kedua adalah Kaf dimana diartikan sebagai Karimah atau kemuliaan. Karena dengan menikah, seseorang dan pasangannya akan mendapatkan kemuliaan.

Dengan menikah, seseorang dapat menjaga kehormatannya dan menjadikannya lebih bertakwa kepada Allah SWT. Ini karena dalam Islam disebutkan bahwa menikah merupakan setengah dari agama. Sementara setengahnya lagi adalah dengan cara meningkatkan ketakwaan.

Dengan menikah, seorang suami akan lebih bertanggung jawab dalam mencari nafkah. Sementara istrinya akan sibuk mengurus rumah tangga dan memperdalam ilmu untuk diajarkan kepada anak-anaknya.

Nikah Merupakan Ladang Kasih Sayang

Huruf yang ketiga adalah Alif yang bermakna Ulfah atau kasih sayang. Sungguh sebuah pernikahan akan menciptakan kasih sayang diantara pasangan dan keturunannya. Apalah artinya sebuah pernikahan jika tidak ada kasih sayang didalamnya.

Munculnya rasa kasih sayang tidak serta merta datang dengan sendirinya. Ia perlu dipancing dan dirawat dengan sikap saling memahami diantara kedua individu yang merajutnya. Meski sifat antara wanita dan laki-laki sungguh berbeda, namun hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk berusaha saling memahami.

Berkasih sayang juga akan tumbuh subur dalam lindungan Allah lewat beribadah bersama seperti shalat malam bersama maupun memanjatkan doa bersama.

Nikah Merupakan Jalan Penuh Hikmah

Huruf yang terakhir adalah Ha yang tertuju pada kata Hikmah. Ini karena dengan menikah maka setiap individu akan merasakan hikmah baik secara psikologis, kesehatan maupun sosial.

Hikmah yang cukup jelas diterangkan Rasulullah SAW dalam hadistnya berbunyi “Wahai para pemuda, barang siapa diantara kalian yang telah memiliki kemampuan, hendaklah ia menikah karena menikah itu dapat lebih menundukkan pandangan dan menjaga kehormatan.”

Jadi jika memang sudah memenuhi syarat untuk menikah, sudah seharusnya bagi kita untuk menyegerakan pernikahan agar keberkahan akan rahasia pernikahan bisa didapat.

Mau nunggu apalagi?

Wallahu A'lam
Next article Next Post
Previous article Previous Post