Sayyid Hamid Al Kaff, Ulama Indonesia Pengganti Syeikh Yasin Wafat di Makkah

Sayyid Hamid Al Kaff, Ulama Indonesia Pengganti Syeikh Yasin Wafat di Makkah

author photo
Ahad, 22 November 2015, Para pencinta ilmu di berbagai negara khususnya di Indonesia, berduka atas kabar meninggalnya Sayyid Hamid Al Kaff, salah satu ulama indonesia yang mendunia dengan keilmuannya.

Sayyid Hamid Al Kaff
Sayyid Hamid Al Kaff


Rantai sanad yang menjadi permata kebanggaan indonesia ini menghembuskan nafas terakhirnya di mekkah dan dikebumikan di perkuburan Ma'la, yang sebelumnya di sholati di Masjidil haram.

Tidak hanya umat Islam Indonesia, dunia Islam juga turut berduka dengan kehilangan ulama yang wafat di Makkah Al Mukarramah dan dishalatkan di Masjid Al Haram setelah shalat isya di hari yang sama.

Syeikh Mahmud Said Mamduh, salah satu ulama hadits ternama di Mesir menyampaikan bahwa Syeikh As Sayyid Hamid Al Kaff adalah ulama kelahiran Banjar yang menuntut ilmu di Makkah yang menggantikan “Musnid Ad Dunya” Syeikh Yasin Al Fadani dalam mengajar di majelisnya.

“Setelah Syeikh Yasin Wafat, murid beliau waktu itu Syeikh Mukhtar Al Falimbani mengganti posisi beliau. Namun Syeikh Mukhtar wafat setelah tujuh bulan wafatnya Syeikh Yasin. Kemudian majelis diteruskan oleh Syeikh Hamid Al Kaff dalam kurun waktu hingga enam belas tahun sampai beliau wafat”, demikian apa yang disampaikan Syeikh Mahmud dalam majelis qira’ah Al Qur`an di majelis ilmu beliau di Nasr City Kairo (22/11/2015) merespon wafatnya Syeikh Hamid.

Syeikh Mahmud Said Mamduh yang merupakan teman dekat Sayyid Hamid Al Kaff ini juga menjelaskan bahwasannya Syeikh Hamid bermulazamah secara total kepada Syeikh Yasin, "Di majelis periwayatan kitab-kitab beliau selalu hadir, di majelis tafaqquh beliau hadir, di majelis periwayatan hadits musalsal beliau selalu hadir, di majelis khusus di rumah Syeikh Yasin beliau selalu hadir".

Mungkin ada beberapa Saudara-saudariku yang belum mengenal sosok Sayyid Hamid ini, kami rangkum sekilas biodatanya, hingga perjalanan beliau menuju Makkah Al Mukarramah.

BELIAU ADALAH:

Sayyid Hamid bin Alawi bin Salim bin Abi Bakar Al-Kaff Al-Husaini Al-Makki dan kunyahnya Abu Alawi. Beliau dilahirkan di desa Kalyan di kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan pada hari Ahad 25 Sya’ban 1345 H.

RIWAYAT PENDIDIKAN:

Beliau dibesarkan dengan keutamaan dan keilmuan dibawah asuhan ayahandanya sedangkan ibunya telah meninggal pada saat ia masih kecil. Bersamanya beliau belajar ilmu-ilmu dasar. Setelah itu beliau meneruskan jenjang pendidikannya di salah satu sekolah negeri hingga lulus. Kemudian beliau meneruskan pendidikannya di madrasah Al-Khayriyah Surabaya pada tahun 1360 H selama 7 tahun. Disana beliau menimba ilmunya dari guru-guru besar, diantaranya Syaikh Umar Baraja dan Sayyid Salim Aqil. Selepas itu beliau kembali ke Banjarmasin dan mengurus pondok Darussalam di kota Martapura. Di sana beliau bukan hanya sekedar mengurus, namun juga berguru kepada guru-guru besar diantaranya adalah Syaikh Muhammad Sya’roni bin ‘Arif, Syaikh Husain Qodri dan Syaikh Abdul Qodir Hasan.

Pada tahun 1367 H beliau pergi ke Makkah Al-Mukarromah untuk haji dan menambah keilmuan dari ulama’ masjidil haram selama 4 tahun. Lalu beliau melanjutkan pendidikannya di sekolah Darul Ulum Ad-Diniyyah pada tahun 1371 H dan lulus pada tahun 1374 H. Di madrasah tersebut beliau mempelajari ilmu fiqih, ushulul fiqih, hadits, ulumul hadits, nahwu beserta kaidah-kaidahnya, ilmu falak, ilmu alat dan sebagainya sehingga selanjutnya beliau menjadi salah satu ulama’ besar di masjidil haram.

DIANTARA GURU-GURU BELIAU :

Ayahandanya, Sayyid Alwi bin Salim Al-Kaff
Syaikh Umar Baraja
Syaikh Salim bin Aqil
Syaikh Muhammad Sya’roni bin Arif Al-Banjari
Syaikh Husain Qodri
Syaikh Abdul Qodir Hasan
Asy-Syarif Muhammad Al-Musthofa bin Abdul Qodir As-Syinqiti
Syaikh Muhammad Uhaid Al-Buguri
Syaikh Hasan bin Said Yamani
Syaikh Hasan bin Muhammad Al-Massyath
Syaikh Muhammad Al-Arobi At-Tabani Al-Jazairi
Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani
Sayyid Muhammad Amin Qutubi Al-Hasani
Syaikh Muhammad Nur Saif bin Hilal
Syaikh Muhammad Yasin Al-Fadani
Syaikh Abdul Qodir bin Abdul Mutthallib Mandili
Syaikh Ibrohim bin Dawud Fathoni
Syaikh Abdul Karim bin Muhammad Amin Al-Banjari
Sayyid Abdullah As-Siddiq Al-Ghomari
Sayyid Abdul Aziz As-Siddiq Al-Ghomari
Syaikh Al-Muqri’ Abdul Aziz Uyunussud
Syaikh Hamid Harsani
Syaikh Abdurrahim Idris Kalintan

RIWAYAT MENGAJAR:

Semangat cinta ilmu dan khidmat beliau terbukti dengan syiar dan dakwahnya di kota Makkah dan beliau termasuk salah satu ulama indonesia yang menjadi tokoh panutan dan turut mengajar di Masjidil Haram di pintu Al-Muhakkamah (1374 H-1399 H), selain itu beliau juga turut menyebarkan ilmu dirumahnya yang terletak di Syamiah, Jarwal, Nawariah, dan Khalidah no.1, Makkah Al Mukarramah.

Selamat jalan kekasih Allah..,
Selamat jalan pewaris Rasulullah,
Semoga kami mendapatkan berkah keilmuanmu dan mengikuti jejakmu membantu menyebarkan Risalah Rasulullah. Amiin Allahumma Amiin..
Next article Next Post
Previous article Previous Post