Manusia Jenis Ini Akan Ditanduk dan Diinjak-injak Unta, Sapi, Kambing di Hari Kiamat

Manusia Jenis Ini Akan Ditanduk dan Diinjak-injak Unta, Sapi, Kambing di Hari Kiamat

author photo
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW menjelaskan tentang manusia yang ditanduk dan diinjak unta, sapi dan kambing.



Sungguh sangat menderita orang yang dalam keadaan seperti itu jika terjadi dalam satu hari atau 24 jam. Bagaimana rasanya orang yang merasakan siksaan tersebut jika satu hari di akherat setara dengan lima puluh ribu tahun di dunia? Lalu siapakah mereka yang mendapatkan siksaan tersebut?

“Wahai Rasulullah bagaimana tentang unta itu?” Tanya seseorang kepada Rasul.

Beliau menjawab “Tidaklah pemilik unta yang tidak mengeluarkan zakatnya, kecuali pada hari kiamat nanti akan dihamparkan ke tanah yang sangat lapang, dipenuhi oleh unta-unta yang benar-benar sehat dan bertanduk, tanpa ada satu anak unta pun yang tertinggal”.

“Semua unta menginjaknya dengan telapak kakinya dan menggigitnya dengan mulutnya”.

Setelah unta yang terakhir menyiksa orang tersebut, maka kembali lagi unta pertama yang menyiksanya berulang-ulang hingga unta terakhir selama lima puluh ribu tahun.

“Begitu terus sampai Allah menghakimi seluruh manusia dan ia pun tahu kemana jalan yang akan ditempuhnya surga atau neraka”.

Hal tersebut juga berlaku untuk pemilik kambing dan sapi yang enggan memberikan zakatnya setelah hewan tersebut mencapai nishab. Hal yang sama akan dirasakan oleh pemilik kambing dan sapi tersebut hingga waktu lima puluh ribu tahun lamanya.

Sungguh inilah balasan yang akan diterima oleh mereka yang berkecukupan dan menolak untuk membayar zakat. Dibalik sifat kikirnya, terdapat adzab yang siap menunggunya kelak di akherat.

Oleh karena itu biasakanlah diri untuk selalu berinfaq dan menunaikan kewajiban yang ada pada harta serta tidak menaruh rasa cinta terhadap harta benda secara berlebihan karena semuanya hanya sementara.
Next article Next Post
Previous article Previous Post