Arti & Makna Barokah Yang Telah Diselewengkan

Arti & Makna Barokah Yang Telah Diselewengkan

author photo
Barokah, Barakah, Berkah atau Berkat seringkali di salah artikan sebagai pemberian yang berlimpah terkait standar kebahagiaan seperti bertambahnya rejeki, kekayaan, gaji yang besar, naik jabatan, karunia anak yang sehat dan membanggakan dan lainnya.

Padahal sejatinya itu semua bukan arti dan makna barokah. Karena Barokah yang sesungguhnya adalah sesuatu pemberian yang bisa mengantarkan seseorang menjadi semakin dekat kepada Allah walaupun jalan yang dilalui adalah hal sebaliknya seperti kemiskinan, sakit, maupun keadaan susah lainnya.

Arti & Makna Barokah
Arti & Makna Barokah

Kata Barokah ini seringkali diucapkan dan diinginkan oleh hampir semua orang yang beriman, karenanya orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup.

Barokah tidak sesempit masalah cukup dan mencukupi saja, Namun esensi dari barokah sendiri adalah ketaatan kita kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi, baik dalam keadaan berlimpah ataupun sebaliknya.

Karena makna barokah yang sesungguhnya adalah: Albarokatu tuziidukum fi thoah,

Barokah adalah sesuatu yang bisa menambah ketaatanmu pada Allah.

Dari pengertian barokah diatas, ada beberapa hal yang bisa diambil kesimpulan:

Hidup yang barokah bukan hanya sehat, tetapi kadang sakit itu juga barokah, sebagaimana Nabi Ayyub As yang sakitnya justru menambah ketaatannya kepada Allah.

Barokah itu juga tak selalu panjang umur, ada yang umurnya pendek tetapi dahsyat taatnya layaknya Mush'ab Ibn Umar.

Tanah yang barokah itu bukan karena subur dan panoramanya indah, karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan dihadapan Allah dan tiada yang menandinginya.

Makanan barokah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap, tetapi makanan itu mampu mendorong pemakannya menjadi lebih taat setelah memakannya.

Ilmu yang barokah bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya, tetapi yang barokah adalah yang menjadikan seorang meneteskan keringat dan darahnya dalam beramal dan berjuang untuk agama Allah.

Penghasilan barokah juga bukan gaji yang besar dan bertambah, tetapi sejauh mana ia bisa menjadi jalan rejeki bagi yang lainnya dan semakin banyak orang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Anak-anak yang barokah bukanlah saat kecil mereka lucu dan menyenangkan atau setelah dewasa mereka sukses bergelar dan mempunyai pekerjaan dan jabatan penting. Tetapi anak yang barokah adalah yang senantiasa taat kepada RabbNya dan kelak diantara mereka ada yang lebih shaleh dan tiada henti-hentinya mendoakan orang tuanya.

Semoga kita semakin semangat memahami hakekat kehidupan yang sebenarnya dengan senantiasa memohon keberkahanNya.

Wallahu a’lam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post