Jamaah Haji Mulai Membanjiri Masjidil Haram, Seperempat Kiswah Kabah Digulung

Jamaah Haji Mulai Membanjiri Masjidil Haram, Seperempat Kiswah Kabah Digulung

author photo
Berita Haji - Mulai dari tanggal 30 Agustus 2015 kemarin jamaah haji sudah mulai berdatangan ke Makkah, Bukan hanya jamaah dari Indonesia saja, tapi juga jamaah dari Turki, Pakistan, Bangladesh dan Malaysia.

Saat itu waktu sudah lewat tengah malam. tampak kiswah sedang digulung, sekitar 3 m dari lantai marmer sudah terlihat batu-batu penyusun bangunan yang dibuat oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail itu. Sementara di atasnya terlihat kain putih penutup kabah, baru setelahnya kiswah kabah yang berwarna hitam.

Berita Haji


"Hal ini dilakukan agar Kiswah tetap bersih seiring dengan makin banyaknya jemaah haji yang mau memegangnya berharap berkah dan bahkan ada yang mengguntingnya untuk dibawa pulang," tutur Direktur Pembuatan Kain Kiswah Muhammad Bin Abdullah Bajoudah.

Pada hari-hari sebelum kiswah digulung memang banyak jemaah yang memegang, meraba, bahkan sampai meratap di di situ. Kiswah Kabah terbuat dari sutra dan kaligrafinya dijahit dengan benang emas yang mempunyai nilai ekonomi hingga miliaran rupiah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya kiswah kabah akan diganti secara keseluruhan pada puncak musim haji. Ketika itu ibadah haji terfokus di Arafah dan Mina sehingga situasi Masjidil Haram.

Indonesia yang diwakili oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memperoleh kehormatan dengan diberi kesempatan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk ikut menyulam Kiswah Kabah yang akan dipasang pada 9 Dzulhijjah 1436 H atau musim haji tahun ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post