Inilah 7 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa

Inilah 7 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa

author photo
KabarMakkah.Com - Bagi kaum muslim yang mengaku beriman dan menunaikan puasa Ramadhan agar memperoleh gelar muttaqin, berikut ini kami sajikan 7 amalan sunnah ketika berbuka puasa. Inilah beberapa amalan agar puasa Anda bernilai optimal, insyaallah.

Inilah 7 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa


1. Hanya Berbuka Setelah Masuk Waktunya

Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

"Kemudian sempurnakanlah puasa hingga malam." (QS. Al-Baqarah, 2: 187)

"Malam" yang dimaksud dalam ayat tersebut dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya, yaitu ketika terbenamnya matahari.

2. Menyegerakan Untuk Berbuka Puasa

Rasulullah SAW Bersabda:

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mana mereka menyegerakan dalam berbuka." (Shohih Bukhori).

3. Berdoa Ketika Berbuka Puasa

Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

"Bagi orang yang berpuasa di saat dia berbuka ada doa yang mustajab." (Musnad Ath-Thayalisi).

Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak; (yaitu) Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga dia berbuka, dan doa orang yang terdalimi." (Musnad Ahmad).

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa, di saat waktu berbukanya itu ada doa yang tidak tertolak."



4. Berbuka dengan Ruthab, Tamr atau Air Dingin

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Jika salah seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr, jika tidak menemuinya maka berbukalah dengan air sejuk karena ia membersihkan." (Sunan Tirmidzi)

Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir ruthab (yakni kurma segar yang baru masak) sebelum beliau melaksanakan sholat. Jika tidak didapatkan ruthab, beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tidak didapatkan tamr, beliau pun berbuka dengan meminum beberapa teguk air sejuk. (Sunan Abi Dawud).

5. Tidak Berlebihan dalam Berbuka

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

"Makan dan minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah, selagi mana bukan untuk bersombong dan berbuat boros." (Musnad Ahmad).

6. Memberi Makan untuk Berbuka

Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa memberi makan untuk orang-orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun."

7. Mendoakan Orang Yang Memberi Makanan Berbuka

Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam datang kepada Sad bin Ubadah. Sad pun menghidangkan untuk beliau roti dan minyak, lalu beliau pun memakannya. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam pun mengucapkan:

"Orang-orang yang berpuasa telah berbuka di sisimu, orang-orang yang baik memakan makananmu, dan para malaikat pun mendoakanmu." (Sunan Abi Dawud)

Doa-doa yang pernah diucapkan oleh Nabi pada orang yang memberi makan berbuka puasa adalah sebagai berikut, bisa dipilih salah satu:

"Ya Allah, berkahilah mereka pada apa yang Engkau rezekikan pada mereka, ampunilah mereka dan rahmatilah mereka."(Musnad Ahmad).

"Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berilah barakah pada makanan yang telah Engkau berikan kepada mereka." (Musnad Ahmad).

"Semoga orang-orang yang baik memakan makananmu, para malaikat mendoakanmu, dan orang-orang yang berpuasa berbuka di tempatmu." (Musnad Ahmad)

"Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberiku makan, dan berilah minum kepada orang yang memberiku minum." (Shohih Muslim)
Next article Next Post
Previous article Previous Post