Saatnya Berbuka, Saatnya Es Pisang Ijo. Mari Buat Sendiri Di Rumah!

Saatnya Berbuka, Saatnya Es Pisang Ijo. Mari Buat Sendiri Di Rumah!

author photo
KabarMakkah.Com - Siapa sih yang gak ingin menikmati hidangan segar pembuka setelah seharian berpuasa. Nah sajian es pisang ijo yang berasal dari Makasar bisa jadi pilihan yang cocok untuk menikmati berbuka puasa bersama dengan keluarga. Tak hanya menyegarkan, es pisang ijo bisa juga mengenyangkan karena kandungan tepung yang membalut pisang nan segar.

Tapi kadang banyak yang beranggapan bahwa bikin es pisang ijo bakalan rumit deh. Nah itu anggapan orang yang belum pernah bikin. Kalau sudah tau, dijamin bakalan sering deh bikin es pisang ijo buat keluarga. Terutama buat menu berbuka puasa yang rasa segarnya bakalan diburu oleh keluarga di rumah.

Es pisang ijo makyuss
Es pisang ijo makyuss
KabarMakkah.com kali ini memberikan tips gratis cara bikin es pisang ijo yang cepat dan enak.

Bahan-Bahan Pembuat Pisang Ijo

• Pisang raja yang sudah matang 6 buah
• Tepung beras 50 gram
• Tepung beras yang sudah diayak 175 gram
• Perasan daun suji atau pewarna hijau 100 mili liter
• Air matang 300 mili liter
• Garam ½ sendok teh

Bahan Pembuat Saus Es Pisang Ijo

• Santan 650 mili liter
• Tepung terigu 50 gram
• Gula pasir 75 gram
• Daun pandan yang diikat simpul 1 lembar
• Garam ¼ sendok teh

Cara Cepat Membuat Es Pisang Ijo

1. Diawali dengan membuat pisang ijonya. Campurkan air, tepung beras, daun suji dan garam hingga menjadi satu. Sebaiknya masak dengan api yang sedang sembari diaduk hingga merata. Aduk terus hingga adonan menjadi lembut dan angkat.

2. Tambahkan tepung beras yang sudah diayak sedikit demi sedikt kedalam adonan tersebut dan aduk hingga menjadi kalis.

3. Ambil adonan menjadi 6 bagian dan bentuk menjadi seperti bulatan. Tipiskan adonan itu sesuai selera atau sekitar ½ cm. balut pisang dengan adonan tadi dan tutupi hingga pisang tidak terlihat. Kukus hingga menjadi matang lalu dinginkan.

4. Untuk saus es pisang ijonya, campurkan tepung teriu, santan, gula pasir, garam dan daun pandan hingga menjadi satu. Masak sembari diaduk dengan api yang sedang. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan.

5. Untuk penyajiannya, ambil 1 buah pisang ijo dan potong sesuai dengan selera. Letakkan pada mangkok saji dan siram dengan saus es pisang ijo tersebut. Tambahkan es serut sebagai pelengkapnya.

6. Es pisang ijo siap dinikmati saat berbuka puasa.


selain resep original diatas, Bunda bisa menambahkan beberapa pelengkap seperti parutan keju, meses, susu kental manis dan juga sirup strawberry. Jadilah sebuah minuman yang enak dan mengenyangkan.

Buat Bunda yang bosan dengan sajian tajil yang biasa, es pisang ijo solusinya. Jadi yuk buat es pisang ijo kreasi Bunda sendiri di rumah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post