Ini Nih Resep Es Cincau Hijau Yang Bikin Seger

KabarMakkah.Com – Haus dan lapar pasti bakalan dirasakan oleh mereka yang beribadah puasa. Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oles setiap muslimin yang mengaku beriman kepada Alloh SWT. Jadi meski harus lapar dan dahaga, kita wajib mengerjakannya dengan penuh keikhlasan.

Nah bunda, pada kesempatan kali ini KabarMakkah.com mengajak Bunda untuk membuat sebuah resep penghilang dahaga yang dijamin keluarga pasti suka. Es cincau hijau namanya. Sudah tau kan bagaimana kesegaran dari minuman yang dibuat langsung dari daun tersebut.

Es cincau hijau segar
Es cincau hijau segar

Sebenarnya jika ada yang bilang bahwa bikin es cincau itu ribet, maka sangat salah. Es cincau hijau merupakan minuman yang paling gampang dan praktis serta sehat yang bisa dibuat oleh Bunda di rumah sendiri. Pengen tau gimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya.

Bahan buat bikin cincau

• 50 helai daun cincau hijau yang belum terlalu keras teksturnya
• 50 mili liter air matang

Bahan buat bikin es cincau

• Cincau hijau
• Santan 1 liter
• Gula merah 75 gram
• Air matang 50 mili liter
• Daun pandan 3 helai
• Es serut
• Garam secukupnya

Loading...

Cara pembuatan cincau hijau

1. Langkah pertama rendam seluruh daun cincau kedalam sebuah baskom dan cuci secara perlahan bagian luar daunnya Bunda biar bersih. Setelah itu angkat daun cincau tersebut dan tiriskan.

2. Baskom yang berisi air tadi, buang saja dan tambahkan air matang lalu masukkan lagi daun cincau tersebut.

3. Remas semua daun cincau hingga cairan gelnya keluar semua. Mungkin sekilas agak kurang enak di tangan, tapi emang harus begitu prosesnya.

4. Jika sudah semua diremas hingga habis, saring tuh Bun air cincau tersebut dan tampung dalam wadah baru.

5. Diamkan air saringan itu di tempat yang cukup dingin atau di kulkas hingga mengental dan berubah seperti agar-agar.

Cara pembuatan es cincau hijau

1. Rebus santan dan daun pandan serta garam sedikit hingga mendidih. Biar santannya ga pecah, aduk rebusan tersebut sesekali. Jika sudah mendidih, matikan dan biarkan hingga dingin.

2. Biar tercipta rasa manis dalam es cincau, rebus dalam panci yang berbeda beberapa bahan seperti gula merah, air dan sehelai daun pandan. Rebus terus hingga gula merah menjadi larut dalam air dan dinginkan.

3. Kini setelah kelengkapan untuk membuat es cincau hijau sudah siap, siapkan gelas saji ataupun mangkok saji.

4. Ambil cincau secukupnya dan beri es serut diatasnya.

5. Siram cincau dengan santan dan air rebusan gula tadi

6. Es cincau hijau siap melepaskan dahaga Bunda sekeluarga

Mudah kan Bun cara membuat es cincau hijau buat minuman pembuka setelah seharian berpuasa. Selain segar, khasiatnya juga sangat baik buat sakit tenggorokan dan pencernaan. Jadi Yuk buat es cincau kreasi Bunda.

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini