Ini Hasil Sidang Isbat 2015, NU, Muhammadiyah Dan Pemerintah Satu Suara

Ini Hasil Sidang Isbat 2015, NU, Muhammadiyah Dan Pemerintah Satu Suara

author photo
KabarMakkah.Com - Berdasarkan Sidang Isbat 2015 yang digelar tertutup oleh pemerintah melalui Kementerian Agama bersama seluruh Ormas Islam se Indonesia pada pukul 18.20 WIB diputuskan, 1 Ramadhan 1436 Hijriah / 2015 M, insyaallah jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai hal.

sidang isbat 2015
Menteri Agama RI - Lukman Hakim Saifudin


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, berdasarkan pengamatan, pada sore hari menjelang maghrib, posisi hilal atau Bulan berada di bawah ufuk. Hilal, kata dia, terbenam lebih dahulu dibanding Matahari.

"Tidak ada satu pun bukti berdasar observasi astronomis bahwa hilal bisa dilihat saat itu," tegas Menag Lukman setelah menggelar sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Selasa (16/6/2015).

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan laporan dari 36 para pengamat hilal yang ditugaskan oleh Kemenag di seluruh wilayah Indonesia, tak ada satu pun dari mereka yang melihat hilal.

"Atas dasar itulah, maka seluruh peserta sidang sepakat, karena saat ini tidak ada hilal yang tampak, maka bulan Sya'ban saat ini dilengkapkan jadi 30 hari," pungkas Lukman.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah 2015 Seluruh Indonesia

Karena itu, tahun ini Ramadan dimulai secara serentak di seluruh Indonesia pada 18 Juni 2015. Tak ada perbedaan antara pemerintah maupun sejumlah ormas Islam, baik NU, Muhammadiyah maupun Ormas Islam lainnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post