Penampakan Lokasi Pelaku Teror Masjidil Haram Meledakkan Diri, Satu Apartemen Runtuh

Diposting pada

Upaya teror di Masjidil Haram berhasil digagalkan petugas. Rencana serangan bom bunuh diri para pelaku pun urung terlaksana.

Dikutip dari Makkah News, Sabtu (24/6/2017), petugas keamanan telah menangkap 5 orang atas aksi teror ini. Sementara satu lainnya meledakkan diri di sebuah apartemen dan tewas di tempat kejadian.

Penampakan Lokasi Pelaku Teror Masjidil Haram Meledakkan Diri
Penampakan Lokasi Pelaku Teror Masjidil Haram Meledakkan Diri

Sebelum meledakkan diri, terduga pelaku yang tewas tersebut terlibat baku tembak dengan petugas. Apartemen yang menjadi lokasi peledakan runtuh dan menyebabkan 6 jemaah umroh yang menginap di dalamnya mengalami luka.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mansour al-Turki mengatakan, pasukan keamanan mengepung rumah tempat pelaku bersembunyi. Saat penyergapan, tersangka menolak untuk menyerahkan diri dan melepaskan tembakan ke pasukan keamanan.

“Ledakan tersebut sebagian meruntuhkan bangunan tempat dia bersembunyi, dan melukai enam jemaah umroh,” ujar Turki seperti dilansir AFP, Sabtu (24/6/2017).

Keenam warga ekspatriat tersebut sempat dibawa ke rumah sakit. Kini kondisi mereka telah membaik. Selain keenam korban itu, lima orang pasukan keamanan ikut terluka akibat aksi tembakan itu.

Penampakan Lokasi Pelaku Teror Masjidil Haram Meledakkan Diri

Lima orang, termasuk seorang wanita, diduga terlibat dalam skenario serangan tersebut telah ditangkap. Diduga serangan tersebut direncanakan oleh tiga kelompok, yakni dua berbasis di Mekkah dan satu di Jeddah.

Berdasarkan foto yang diunggah laman Al Muwaten, tampak sebuah bangunan yang runtuh dan menyisakan puing batu bata. Ada bekas hangus terbakar berwarna hitam di salah satu bagiannya.

Di lokasi yang sama juga ada sejumlah mobil di mana kaca depan salah satu di antaranya pecah. Sementara mobil lainnya tampak tertutup debu di seluruh bagiannya.

Penampakan Lokasi Pelaku Teror Masjidil Haram Meledakkan Diri

Meski 5 terduga pelaku telah diamankan, namun pihak kepolisian masih belum bisa memastikan siapa dalang dari serangan tersebut.

Potongan kaki diduga milik teroris yang meledakkan diri

Kejadian ini selain melukai 6 jamaah umroh juga melukai 5 petugas keamanan.

Baca Juga: Innalillahi, Bom Bunuh Diri Meledak Di Makkah, Masjidil Haram Jadi Target Utama

Mengacu pada live broadcast dari Al Arabiya News Channel, aktivitas ibadah di Masjidil Haram tak terganggu meski ada serangan tersebut. Umat Islam sedang melaksanakan shalat Tarawih kala itu.

Loading...