Innalillahi, Yana Zein Meninggal Dunia, 2 Pihak Ini Ribut Mau Dikremasi Ataukah Dikafani



"Yana Zein meninggal dunia" mengundang kontroversi antara kedua orangtuanya yang telah bercerai.

2 Pihak Ini Ribut Mau Dikremasi Ataukah Dikafani? Dimakamkan secara Islam atau kah secara kristiani?

Jenazah Suryana Nurzaman Zein, atau yang dikenal dengan nama Yana Zein sedianya akan melangsungkan kebaktian tutup peti sebelum dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Innalillahi, Yana Zein Meninggal Dunia, 2 Pihak Ini Ribut Mau Dikremasi Ataukah Dikafani
Sejumlah wartawan membantu mengangkat keranda berisi jenazah Yana Zein di Masjid Baiturrahman


Namun acara itu mendadak buyar ketika ayah kandung Yana Zein, Nurzaman Zein datang melayat.

Setibanya di rumah duka RS Fatmawati, Nurzaman Zein lantas melontarkan protes pada pihak keluarga, terutama ibunda Yana Zein, Swetlana Zein.

Pasalnya, Nurzaman tak terima jika jenazah anaknya dimakamkan secara Nasrani. Ia bersikukuh Yana harus dimakamkan secara Islam, sesuai dengan keyakinan Yana semasa kecil.

"Sejak kecil, anak itu lahir saya azankan di telinga kanan dan saya iqomatkan di telinga kiri. Sejak kecil saya ajarkan berpuasa, mengaji dan Idul Fitri," ucap Nurzaman Zein di rumah duka Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

"Jadi saya ke sini baru datang dari Sumatera dan niat saya adalah mengembalikan aqidah anak saya kembali ke Islam. Saya mau memakamkan anak saya secara Islam supaya dia masuk surga," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Swetlana Zein, ibu dari Yana Zein mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Menurutnya, sejak kelas 1 SMP, Nurzaman sudah meninggalkan dirinya dan Yana Zein. Yana sendiri memutuskan untuk masuk Nasrani ketika mulai beranjak dewasa.

"KTP-nya (Yana Zein) aja Kristen. Kalau saya mau dikuburkan dengan Kristen. Agama semua sama, saya kira Yana berhak memilih. Yana ada tantatangan sendiri kalau dia jadi Kristen," tandas Swetlana.

Memang, keributan kecil tersebut sempat menunda rencana kebaktian penutupan peti jenazah Yana Zein di rumah duka. Setelah sempat memanas, akhirnya kebaktian tetap berlangsung pada pukul 11.15 WIB.

Sampai saat ini, ayahanda dari Yana Zein pun masih berada di rumah duka Rumah Sakit Fatmawati, mendampingi jenazah Yana Zein yang sedang menjalani kebaktian tutup peti dan pelepasan. Rencana awal, setelah kebaktian, jenazah Yana Zein akan langsung dibawa ke TPU Kampung Kandang, Jagakarsa untuk dikebumikan.

Yana Zein sendiri meninggal pada Kamis (1/6/2017) dini hari, sekitar pukul 01.05 WIB di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal, Yana sempat mengalami koma pasca pulang dari menjalani pengobatan terhadap kankernya di Guangzhou, Cina.

Ayah Yana Zein Azan: Dia Meninggal dengan Khusnul Khotimah

Ayahanda Yana, Nurzaman Zein merasa anaknya meninggal dengan khusnul khotimah.

Nurzaman sendiri baru tiba pagi hari ini, Jumat (2/6/2017), dari Kampar, Riau bersama rekan-rekan keluarganya. Saat tiba, ia terkejut melihat jenazah Yana Zein berada di peti mati dengan pakaian rapi.

Nurzaman pun memastikan Yana beragama Islam. Ia juga yakin ibu dua anak itu meninggal dalam keadaan suci di bulan Ramadan ini.

"Dia meninggal di bulan Ramadan. Dia meninggal dengan khusnul khotimah," ujar Nurzaman, ditemui di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta.

Nurzaman tak mau jenazah Yana Zein berada dalam peti mati. Ia berharap agar rekan Yana yang lain tak perlu mempermasalahkan hal tersebut.

Innalillahi, Yana Zein Meninggal Dunia, 2 Pihak Ini Ribut Mau Dikremasi Ataukah Dikafani
Putri sulung Yana Zein, Aurelia Callista (paling kiri), didampingi sang adik, menghampiri peti mati almarhumah ibunya di Rumah Duka Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017).


"Saya mohon ini bisa dikuburkan secara damai tolong dibantu, ini ada bukti sebagai manusia untuk memilih," tutur Nurzaman lagi.

Sementara ibunda Yana Zein, Swetlana, menyebut bahwa anaknya beragama Kristen di KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Baik Swetlana maupun Nurzaman saat ini masih memperdebatkan masalah agama tersebut. Di rumah duka Fatmawati sendiri terlihat Swetlana menyanyikan lagu pujian dan Nurzaman sedang mengadzani Yana.


Wartawan Bantu Angkat Jenazah Yana Zein ke Masjid

Setelah sempat kisruh diantara anggota keluarga, Akhirnya mereka memutuskan jenazah Yana Zein akan dikuburkan secara Islam.

Sejumlah wartawan membantu mengangkat jenazah Yana Zein dari dalam mobil ambulans menuju Masjid Baiturrahman, Cinere, Jumat (2/6/2017).

Saat itu, mobil ambulans tiba lebih dahulu, sementara mobil lain yang mengangkut para kerabat belum tiba.

Ayah Yana Zein, Nurzaman Zein


Alhasil, alih-alih membiarkan jenazah begitu saja di dalam mobil ambulans, sejumlah wartawan berinisiatif membantu mengangkatnya.

Saat ini, jenazah Yana Zein hendak disalatkan di Masjid Baiturrahman. Sebelumnya, jenazah dimandikan dan dikafani di Rumah Duka RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ayah Yana Zein Mengadzani Jenazah, Sang Ibu Malah Puji-pujian Dengan Keras, Begini Kejadian Selanjutnya

Setelah ini, jenazah Yana Zein rencananya akan dimakamkan di TPU di kawasan Cinere, Depok.


loading...