Ketum PBNU Said Aqil Bantah Hadiri Istighatsah dengan Ahok



Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Sirodj membantah telah menghadiri istighatsah yang dihadiri calon gubernur pejawat DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. Istighotsah tersebut digelar di kediaman politikus PPP, Djan Faridz pada Ahad (5/2) malam.

Ketum PBNU Said Aqil Bantah Hadiri Istighatsah dengan Ahok


Berita Kiai Said menghadiri istighatsah bersama Ahok muncul melalui running text yang disiarkan Metro TV yang ditampilkan Ahad sore (5/2). Di berita itu menyebutkan bahwa Kiai Said akan menghadiri istighotsah oleh salah satu calon gubernur DKI Jakarta. 

Melihat berita yang tak sesuai dengan fakta tersebut, Kiai Said kemudian memberitakan pernyataannya melalui media NU Online.

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, menyikapi berita bahwa istighatsah pada tanggal 5 malam, Minggu malam, di rumah Pak Djan Faridz, Jalan Talang dihadiri oleh Ahok dan Ketua Umum PBNU; berita itu sama sekali tidak benar. Sama sekali tidak benar. Sama sekali tidak benar!” kata Said Aqil seperti dikutip NU Online, Jakarta, Ahad (5/2).

Kiai lulusan universitas Ummul Qura Makkah tersebut menyatakan tidak akan pernah menghadiri acara-acara yang diadakan calon gubernur DKI siapa pun di mana pun.

“Kepada warga NU semua, umat Islam pada umumnya, bangsa Indonesia pada umumnya, saya tetap menjaga netralitas sikap PBNU. PBNU tidak berpihak kepada calon gubernur siapa pun dan mana pun,” pungkasnya.

Sebelumnya dalam pernyataan resmi yang diterima Republika.co.id, Ahad (5/2), Rais Syuriah PWNU DKI, KH Mahfudz Asirun menegaskan acara yang mencatut logo NU tersebut tanpa sepengetahuan dan tidak ada sangkut pautnya dengan pengurus PWNU DKI.

"Itu bukan dari kami (PWNU). Kami tidak ada hubungannya dengan kegiatan itu," tuturnya.

Dia mengungkapkan PWNU DKI tersinggung dan tetap mengecam keras perlakuan Ahok dan pengacaranya terhadap Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin. Dia juga menyatakan PWNU DKI mendukung pernyataan tegas Ketua Umum Tanfidziah PBNU KH Said Agil Siraj, bahwa Ahok bersalah dan masyarakat NU DKI tidak akan memilih Ahok.

“Kita akan menindak tegas jika ada pengurus yang berperan aktif di acara Istigatsah bersama Ahok sesuai dengan ketentuan organisasi,” katanya.


loading...