Ini 7 Dzikir Yang Bisa Memudahkan Datangnya Rezeki Dari Allah

Diposting pada

Sesungguhnya setiap manusia yang lahir ke dunia ini sudah Allah siapkan rezekinya masing-masing. Namun banyak orang yang merasa khawatir jika Allah tidak memberikan rezeki yang cukup untuk kebutuhan hidup dirinya dan keluarga. Padahal keyakinan seperti itu merupakan bentuk penghinaan kepada Allah Yang Maha Pemberi Rezeki.

Memang pada kenyataannya sering kita alami rezeki yang terasa begitu sulit untuk didapatkan, meski telah melakukan berbagai usaha semaksimal mungkin. Ketahuilah bahwa selain berikhtiar, kita pun dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir.

Ini 7 Dzikir Yang Bisa Memudahkan Datangnya Rezeki Dari Allah

Lantas apa saja dzikir yang bisa memudahkan datangnya rezeki dari Allah?

1. Mengucapkan “Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billah”

Manusia hanyalah berusaha dan berencana sedangkan yang menentukan adalah Allah. Karenanya kita patut sadar bahwa diri lemah dan tidak memiliki kemampuan kecuali atas pertolongan allah. Oleh karena itu perbanyaklah membaca “Laa haula walaa quwwata illa billah”.

Dalam hadist riwayat Thabrani disebutkan bahwa barangsiapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan “Laa haula Walaa Quwwata Illa billah”.

2. Mengucapkan “Laa Ilaa Illallahul Malikul Haqqul Mubin”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan kepada umat muslim membaca “Laa ilaa illallahul malikul haqqul mubin” agar aman dari kefakiran dan rasa takut dalam kubur, sebagaimana dalam hadist riwayat Abu Nuaim dan Ad Dailami.

3. Mengucapkan “Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adziim”

Dzikir yang bisa memudahkan datangnya rezeki selanjutnya adalah bacaan “Subhanallah wabihamdihi Subhanallahil adziim”. Karena dalam hadist riwayat Al Mustagfiri disebutkan bahwa kalimat tersebut merupakan dzikir para malaikat hingga hari kiamat dan pahalanya akan diberikan kepada manusia yang membacanya.

4. Membaca Al Ikhlas

Bacaan dzikir yang juga bisa menghilangkan kefakiran adalah surat Al Iklas, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist riwayat At Thabrani.

5. Membaca Al Waqiah

Dzikir tak selalu mengucapkan kalimat yang pendek, namun juga berupa surat Al Qur’an. Salah satunya adalah membaca surat Al Waqiah. Disebutkan dalam hadist riwayat Al Baihaqi bahwa orang yang senantiasa membaca surat Al Waqiah setiap malamnya tidak akan ditimpa kesempitan hidup.

6. Memperbanyak Shalawat Kepada Nabi

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan agar umatnya senantiasa mengucapkan shalawat. Selain menjadi salah satu bukti cinta kepada nabi, bershalawat pun bisa mengangkat derajat orang yang membacanya, sebagaimana hadist riwayat Bukhari.

7. Mendawamkan Istighfar

Dzikir terakhir yang harus didawamkan adalah membaca istighfar. Karena dalam hadist riwayat Ahmad dan Abu Dawud disebutkan bahwa Allah akan mengeluarkan orang yang membaca Istighfar dari kesusahan dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Baca Juga:

Loading...