Terkait Uang Rupiah Baru Yang Mirip Dengan Uang Cina, Begini Pernyataan Bank Indonesia

Diposting pada

Pada hari Senin (19/12/2016) Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan uang rupiah dengan desain terbaru. Melihat desain uang kertas dari nominal 1.000 hingga 100.000 tersebut, netizen pun ramai memperbincangkannya di media sosial. Pasalnya uang desain baru tersebut dinilai mirip dengan uang kertas Yuan yang menjadi mata uang Cina atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Terkait Uang Rupiah Baru Yang Mirip Dengan Uang Cina, Begini Pernyataan Bank Indonesia

Bahkan sebagian netizen menyebutkan bahwa desain uang tersebut menjadi penjelas pemerintahan sekarang ada dalam kuasa RRT.

Lantas benarkah Bank Indonesia telah mencontek desain mata uang Cina?

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Suhaedi selaku Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI menyatakan bahwa desain uang rupiah baru tersebut menggambarkan semangat NKRI dan sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang.


“Gambar pahlawan, pemandangan dan tarian menggambarkan semangat NKRI tersebut,” ucap Suhaedi, sebagaimana dikutip dari Tarbiyah, Selasa (20/12/2016).

Tak hanya itu saja, peluncuran desain baru rupiah tersebut juga dilakukan bertepatan pada hari Bela Negara dengan tujuan untuk menunjukkan semangat NKRI tersebut.

Baca Juga: Heboh Lambang Palu Arit Di Uang Pecahan 100 Ribu, Begini Respon Bank Indonesia

Loading...