Tak Ada Yang Lebih Gagah Dari Langkahnya Seorang Lelaki Ke Masjid Untuk Subuh Berjamaah



Subhanallah, sahabatku para pembaca yang dirahmati Allah, sholat Subuh memiliki hitungan rakaat paling sedikit tapi menjalankannya kadang terasa luar biasa beratnya.

Tak Ada Yang Lebih Gagah Dari Langkahnya Seorang Lelaki Ke Masjid Untuk Subuh Berjamaah


Para pemuda yang mengaku gagah karena telah menaklukan puncak gunung pun belum tentu mereka kuat bangun di pagi buta untuk sholat subuh berjamaah di masjid, dengan alasan “masih ngantuk” dan segudang alasan lainnya.

Sholat Subuh yang dilaksanakan pada pagi buta memang menjadi ujian tersendiri. Gelap, dingin, ngantuk, dan godaan lainnya. namun tahukah anda, bahwa kekuatan kita untuk menghalau berbagai kemalasan ini akan mendapat balasan setimpal di hari kiamat nanti. Allah akan memberikan cahaya yang sempurna bagi kita yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid.

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Perjalanan terjauh dan terberat bagi seorang lelaki adalah perjalanan menuju ke Masjid untuk sholat subuh berjama'ah.

Jangankan untuk sholat subuh, bahkan sholat yang lainnya pun banyak yang melupakannya, dan tidak jarang pula yang seumur hidup tidak pernah mampir ke masjid untuk subuh berjama'ah.

Orang-orang pintar yang mampu melangkah dan dengan semangat membara pergi mencari ilmu hingga ke eropa, amerika, jepang, australia, korea, hingga bergelar S3 sekalipun banyak yang tidak mampu dan begitu beratnya bagi mereka untuk bangun pagi buta dan sholat subuh berjama'ah di masjid.

Maka berbahagialah dirimu, wahai para lelaki, jika engkau telah terbiasa melangkahkan kakimu ke Masjid untuk sholat subuh berjamaah.

Karena sejauh manapun dirimu melangkahkan kaki, tidak ada perjalanan yang bisa membuat dirimu gagah selain perjalananmu untuk subuh berjamaah di masjid.

Subhanallah! Semoga kita termasuk orang yang langkahnya ringan menuju masjid.





Loading...