Dua Amalan Mulia Ini Tak Bisa Dilakukan Malaikat

Dua Amalan Mulia Ini Tak Bisa Dilakukan Malaikat

author photo
Sebagai orang muslim, Anda tentu mengenal malaikat? Ya, Malaikat. Makhluk yang terbuat dari cahaya ini memang begitu berpengaruh bagi kehidupan kita. Sebab, setiap amalan baik dan buruk dicatat olehnya.

Dua Amalan Mulia Ini Tak Bisa Dilakukan Malaikat


Malaikat memang pesuruh Allah Subhanahu wa Ta’ala yang selalu taat kepada-Nya. Tak pernah satu kali pun mereka melakukan dosan dan membangkang pada perintah Allah.

Kendati demikian, tahukah Anda bahwasanya ada dua amalan yang tidak bisa dilakukan oleh malaikat? Ya, amalan itu hanya bisa dilakukan oleh kita, sebagai manusia. Apa itu?

1. Orang Kaya yang Membantu Orang Miskin

Ternyata malaikat tak bisa melakukan amalan yang dilakukan oleh orang yang beriman, yakni ketika orang kaya memberikan bantuan kepada orang miskin.

Karena malaikat bukanlah makhluk yang dilimpahi karunia berupa harta benda oleh Allah SWT. Dan mereka tidak ada yang punya uang, rumah dan harta benda lainnya, serta tidak berpredikat kaya atau miskin.

Ada banyak keutamaan yang akan diperoleh ketika kita mampu membantu orang lain. Terlebih membantu anak yatim dan orang miskin yang hidup dalam keadaan serba kekurangan.

Tak heran jika para malaikat sangat kagum dengan manusia yang mampu melaksanakan amalan ini dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah SWT.

Maka berbahagialah manusia yang dilimpahi kekayaan kemudian dia pergunakan hartanya untuk menolong anak yatim dan fakir miskin yang membutuhkan bantuan.


2. Taubatnya Seseorang yang Senantiasa Berbuat Dosa Diiringi Tangisan Penyesalan Darinya

Amalan yang dilakukan oleh manusia namun tidak bisa diamalkan oleh para malaikat yang kedua adalah seseorang yang berbuat dosa namun bertaubat nasuha diiringi dengan tangisan penyesalan darinya.

Seperti kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak pernah luput dari perbuatan dosa. Berbeda dengan malaikat, makhluk Allah yang diciptakan dari Nur ini sama sekali tidak pernah tersentuh perbuatan dosa setitik pun.

Meski demikian, Para malaikat akan merasa kagum ketika melihat seorang manusia yang bertaubat kepada Allah dan menyesali atas semua dosanya diiringi dengan tangisan penyesalan.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah bercerita kepada para sahabatnya tentang seseorang sedang dalam perjalanan yang menunggangi seekor kuda, ia membawa seluruh hartanya berupa emas, berlian, dirham dan sebagainya yang juga diangkut diatas kudanya. Karena lelah setelah berjalan jauh, kemudian orang tersebut beristirahat dibawah pohon dan ia juga menambatkan tali kudanya di pohon.

Ketika terbangun dari tidurnya, ia sungguh terkejut karena kudanya sudah tidak ada, begitupun semua harta bendanya. ia pun mencari sampai kemana-mana namun tetap tidak ditemukan. Hingga akhirnya ia pasrah dan kembali istirahat dibawah pohon karena lelah mencari. Ajaibnya ketika ia terbangun, kudanya dan semua harta bendanya kembali ada didepannya tanpa ada satupun yang hilang. Dan alangkah bahagianya orang tersebut.

Rasulullah kembali menjelaskan. “Allah jauh lebih bahagia dibandingkan orang tersebut, jika ada hamba-Nya yang telah lama jauh dari-Nya, walaupun banyak melakukan dosa namun ia kembali kepada-Nya dan bertaubat. “

Demikianlah Dua Amalan Mulia Yang Tak Bisa Dilakukan Malaikat. Betapa bahagianya kita diciptakan sebagai manusia yang bisa memberikan kesempatan untuk beramal shaleh, bahkan tidak bisa dilakukan oleh para malaikat.

Subhanallah, Semoga kita senantiasa berada di jalan Allah SWT. Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post