Breaking News! Dubes Rusia Tewas Ditembak Polisi Turki



Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov tewas setelah ditembak salah satu anggota kepolisian yang bertugas di Ankara. Penyerang Karlov dilumpuhkan oleh pihak keamanan setempat dan juga dikabarkan tewas.

Dubes Rusia Tewas Ditembak Polisi Turki
Dubes Rusia Tewas Ditembak Polisi Turki - AFP/YAVUZ ALATAN


"Tersangka atas ditembak nya Dubes Rusia hingga tewas adalah seorang petugas polisi yang sedang bertugas, ia bekerja untuk kepolisian Ankara," kata sumber keamanan Turki yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Selasa (20/12).

Karlov ditembak ketika sedang berpidato saat membuka acara pameran fotografi di sebuah galeri di Ibu Kota Turki, Ankara, Senin (19/12/2016). Penyerang tersebut berpakaian rapi mengenakan jas dan dasi. Dia berdiri di belakang duta besar saat tengah memberi sambutan di atas podium.

"Dia mengambil pistol dan menembak duta besar dari belakang. Kami melihat dia berbaring di lantai dan kemudian kami berlari keluar," ujar seorang saksi seperti dilansir Reuters, Selasa (20/12/2016).

Juru kamera Reuters yang berada di lokasi kejadian mengatakan tembakan terdengar selama beberapa waktu setelah serangan. Kantor berita Anadolu, seperti disebutkan oleh Reuters, mengatakan pria bersenjata itu telah dinetralkan dan tampaknya dibunuh usai penyerangan.

Wali Kota Ankara mengatakan aksi ini bertujuan untuk merusak hubungan Turki dengan Rusia. Seperti diketahui ketegangan dalam beberapa waktu meningkat setelah Pasukan Suriah yang didukung Rusia berusaha menguasai bagian timur Aleppo.

Hubungan Turki dan Rusia memang agak menegang dalam beberapa waktu belakangan karena keterlibatan kedua negara dalam konflik di Suriah.


Breaking News! Dubes Rusia Tewas Ditembak Polisi Turki
Pelaku penembakan Dubes Rusia untuk Turki. FOTO/Burhan Ozbilici


Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan di Moskow mengatakan, pihaknya menganggap aksi penembakan ini sebagai tindakan teror.

"Hari ini di Ankara, sebagai akibat dari serangan, Duta Besar dari Federasi Rusia untuk Turki, Andrey Gennadyevich Karlov, mengalami luka dan dia meninggal. Kami menganggap ini sebagai aksi teroris," ucap Zakharova.

Lihat: Video Detik-detik Tewasnya Dubes Rusia

Aksi penembakan ini sendiri terjadi beberapa hari jelang pertemuan antara Menteri Luar Negeri Rusia, Turki, dan Iran di Moskow untuk membahas mengenai situasi di Suriah.


loading...