Inilah Amalan Mulia Sahabat Nabi Yang Bacaan Qur’annya Terdengar Di Surga




Surga menjadi tempat kesudahan yang didambakan oleh setiap umat muslim. Di sana tak akan ada kesedihan dan hanya berisi kebahagiaan dan kesenangan semata. Meski demikian bukan perkara yang mudah untuk bisa berada di dalamnya karena diperlukan perjuangan lewat amal shaleh dan ketakwaan guna mencapai rahmat dan ridho-Nya.

Inilah Amalan Mulia Sahabat Nabi Yang Bacaan Qur’annya Terdengar Di Surga

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad bin Hambal, Abu Ya’la dan Al Hakim dari Aisyah bin Abu Bakar Ash Shidiq disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bermimpi berada di dalam surga. Di sana beliau mendengar sebuah suara bacaan yang begitu merdu yang tak lain adalah bacaan Al Qur’an. Rasulullah pun lantas menanyakan orang yang membacanya tersebut kepada malaikat.

“Siapakah orang ini?” tanya Rasul.

Dikatakan bahwa ia merupakan sahabat yang mulia dari kalangan Anshar. Ahli sejarah bernama Yakut Al Hamawi menyebutkan bahwa sahabat itu adalah orang yang memberikan rumah dan tanahnya kepada Nabi sebagai bentuk hadiah. Bahkan ia menambahkan jumlah tanah yang diberikannya seiring bertambahnya keluarga Rasulullah.

Sahabat Rasulullah itu juga merupakan orang yang dikenal berbakti dan selalu mematuhi perintah sang ibu yang bernama Ja’dan binti Ubaid.

Ternyata ketika ditanyakan tentang sosok yang membaca Al Qur’an tersebut, malaikat menjawab, “Ini adalah Haritsah bin Nu’man”.

Rasulullah pun memberi tahu Aisyah tentang mimpinya tersebut dan berkata, “Itulah pahala kebajikan. Itulah pahala kebajikan.”

Demikianlah sosok Haritsah yang begitu bahagia dengan kedatangan Rasulullah ke Madinah. Bahkan ketika Rasulullah memilih rumah Abu Ayyub Al Anshari, Haritsah pun bersemangat untuk belajar agama kepada Rasulullah karena jarak yang dekat dengan rumahnya. Wallahu A’lam

Baca Juga: