BMKG: Gempa Bumi Di Malang Hari Ini Terasa Sampai Bali dan Yogya




Gempa Bumi Di Malang Hari Ini berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) Rabu (16/11/2016) sekitar pukul 22.10 WIB yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur dan sekitarnya, juga dirasakan oleh warga di Pulau Bali dan Yogya.

BMKG: Gempa Bumi Di Malang Hari Ini Terasa Sampai Bali dan Yogya


Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Wandono menyebut hasil analisis pemutakhiran data BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terakhir terjadi pada pukul 22.10 WIB dengan kekuatan magnetudo 5,8.

"Hasil monitoring BMKG hingga pukul 23.00 WIB baru terjadi 1 kali aktivitas gempabumi susulan dengan kekuatan magnetudo 4,3. Kepada warga masyarakat pesisir pantai selatan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Lombok dihimbau agar tetap tenang, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," kata dia, Rabu malam.

Menurut hasil analisis BMKG, Lokasi gempa bumi di Malang berada di 9,32 Lintang Selatan dan 113,12 Bujur Timur atau 127 kilometer di tenggara Kabupaten Malang, dengan kedalaman 69 kilometer.

Gempa yang terjadi di malang hari ini ini membuat panik seluruh warga. Banyak dari mereka, baik yang tinggal di wilayah Kota Malang maupun Kabupaten Malang memilih keluar rumah.

"Ada gempa!" ucap ibu-ibu tengah mengobrol di sebuah warung kawasan Jalan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Belum diketahui pemicu dan dampak dari gempa tersebut, namun sejumlah netizen di Twitter menyebutkan getaran gempa selama beberapa menit itu terasa sampai Situbondo, Jember, Surabaya, Solo, Denpasar dan Yogya.

Guncangan gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, malam ini sekitar pukul 22.10 WIB juga berasa hingga ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat terjadi gempa di Malang tersebut, beberapa warga yang masih terjaga sontak berhamburan ke luar rumah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan akibat gempa tersebut.

"Tadi waktu duduk-duduk sambil ngopi, tiba-tiba berasa goyang sekitar 5 atau 6 detik," ucap Syaugi di Kota Mataram, Lombok, Rabu (16/11/2016).

Setelah mendapat informasi bahwa gempa tersebut berasal dari Malang. Syaugi kemudian menghubungi keluarganya di Malang dan mengabarkan bahwa gempa itu juga terasa di Lombok.

"Saya telepon keluarga saya di Malang dan mereka bilang gempa bumi lumayan keras. Saya bilang, di Lombok berasa juga gempanya. Semoga tidak terjadi apa-apa," ungkap Syaugi.

Baca Juga:





Gempa berkekuatan 6,2 Skala Ritcher mengguncang Malang, Jawa Timur. BMKG menyebutkan, gempa bumi terjadi Rabu (16/11/2016), pukul 22.10 WIB.





loading...

close ini