Sering Diperdengarkan Dzikir, Pohon Kurma Di Masjid Indonesia Ini Tumbuh Subur Dan Penuh Berkah




Kurma menjadi buah yang sebagian besar hanya tumbuh di daerah Timur Tengah saja. Namun ternyata di wilayah Indonesia ini pun Allah tunjukkan karunia-Nya dengan menumbuhkan pohon kurma yang begitu subur.

Pohon kurma tersebut tumbuh tepat di masjid Raya Pasar Gadang Kecamatan Padang selatan yang merupakan masjid tua di daerah Padang. Tampak satu pohon kurma berdiri kokoh di pekarangan masjid tersebut dan menjulang hingga setinggi atap masjid. Buahnya pun sebagian telah berwarna kuning yang menandakan sudah matang.

Sering Diperdengarkan Dzikir, Pohon Kurma Di Masjid Indonesia Ini Tumbuh Subur Dan Penuh Berkah
Pohon kurma di Masjid Raya Pasar Gadang Padang (Gosumbar.com)
“Kurma ini berusia sekitar tujuh tahun,” ucap Ustadz Edi Rizal Lubis selaku pengurus masjid, sebagaimana dikutip dari Gosumbar, Sabtu (29/10/2016).

Dituturkannya bahwa awal mula adanya pohon kurma tersebut terjadi ketika bulan Ramadhan dimana salah seorang jamaah senang memakan buah kurma saat berbuka puasa. Ia pun kemudian mencoba menanam biji kurma tersebut dalam polibag.

“Sejak itulah kurma itu tumbuh besar,” lanjutnya.

Ustad Edi kemudian ikut merawat pohon kurma tersebut karena membayangkan keindahan masjid di Mekkah dan Madinah. Setelah cukup lama, ternyata yang mampu bertahan hanya dua pohon saja. Pengurus masjid pun menjaga kedua pohon tersebut dengan cara dikerangkeng.

Selain itu pihak pengurus masjid juga memberi pupuk setiap bulan dan disiram usai berwudhu. Meski tumbuh membesar, namun sebagian warga menuturkan bahwa pohon tersebut tidak akan hidup lama.

“Bahkan ada yang memprediksi pohon kurma tak berumur panjang dan tidak akan berbuah,” ungkapnya.

Setelah cukup lama diurus, akhirnya satu pohon mati karena terserang hama ulat yang berasal dari pohon beringin yang tidak jauh tumbuh dari pohon kurma tersebut.

Sering Diperdengarkan Dzikir, Pohon Kurma Di Masjid Indonesia Ini Tumbuh Subur Dan Penuh Berkah
Ustad Edi tunjukkan pohon kurma yang berbuah lebat (Gosumbar.com)
Atas ijin Allah, pohon kurma yang tinggal satu akhirnya berputik dan muncul bakal buah. Bahkan seiring munculnya putik tersebut, keberkahan pun dirasakan oleh pengurus masjid.

“Banyak mukjizat setelah putik itu muncul. Selalu ada bantuan yang mengalir dari jamaah untuk pembangunan masjid,” kenangnya.

Tak hanya itu saja, bahkan ada beberapa ibu-ibu yang meminta putik pohon kurma karena diyakini dapat menjadi sumber kesuburan wanita. Meski tumbuh subur, Ustad Edi mengaku masih belum paham mengapa pohon tersebut bisa berbuah lebat. Namun pernah ia membaca bahwa pohon kurma bisa tumbuh subur setelah dibacakan dzikir, sebagaimana masjid di Mekkah maupun Madinah.

“Mungkin bisa tumbuh subur karena berkah masjid ini,” terangnya.

Sementara itu menurut Dian Fakhri selaku Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang, saat ini memang cukup banyak masjid yang mencoba menanam pohon kurma. Namun hanya sedikit saja pohon kurma yang bisa berbuah dan tumbuh subur.

Baca Juga:







loading...