10 Alasan Seorang Muslim Harus Kaya Dalam Bentuk Materi




Bagi seorang muslim, menjadi kaya bukanlah sebuah dosa atau kesalahan. Bahkan di jaman Rasulullah, banyak para sahabat yang kaya raya dan kekayaannya menjadi ladang kebaikan yang sangat besar. Sehingga jangan berpikir bahwa dengan menjadi seorang muslim harus hidup dalam keadaan yang pas-pasan atau bahkan miskin.

10 Alasan Seorang Muslim Harus Kaya Dalam Bentuk Materi

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan sehingga seorang muslim harus kaya secara harta maupun ilmu. Dengan begitu kita tidak memandang harta sebagai sebuah kejahatan semata.

1. Dengan Adanya Harta, Tubuh Menjadi Tegak

Seorang muslim harus memiliki harta karena nanti akan memiliki nilai di mata masyarakat. Selain itu harta bisa membuat umat Islam bisa mandiri dalam berusaha dan tidak mengharapkan belas kasihan orang lain.

Tak hanya untuk kepentingan sendiri, bahkan dengan harta tersebut kita bisa membuka lapangan usaha untuk orang lain ataupun menjadi donatur untuk kepentingan agama.

2. Menjaga Peredaran Uang Untuk Mensholehkan Masyarakat

Peredaran uang merupakan sebab sholeh tidaknya masyarakat. Maksudnya jika peredaran uang tersebut berada di tangan orang-orang yang sholeh, maka masyarakat luas pun akan menjadi sholeh atau baik. Namun jika peredaran uang tersebut dikuasai oleh orang yang jahat, maka masyarakat pun bisa berakhlak buruk.

3. Sejumlah Syariat Islam Membutuhkan Kekayaan

Ibadah seorang muslim tak hanya membutuhkan keikhlasan, namun juga sebagian membutuhkan dukungan berupa kekayaan atau materi. Contohnya saja dalam rukun islam dimana dua diantara rukun tersebut membutuhkan kekayaan yakni zakat dan berhaji.

Tak hanya itu saja, berjihad maupun berdakwah juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dalam sejarah Islam pun diceritakan bagaimana istri Rasulullah, Siti Khadijah dan para sahabat berani mengeluarkan hartanya yang tidak sedikit untuk dakwah Rasulullah.

4. Menjadi Sebab Dihargai Orang Lain

Fenomena pandangan masyarakat sekarang ini terhadap status seseorang memang salah satunya karena adanya harta. Orang yang memiliki harta akan lebih didengar dan berkedudukan tinggi. Hal ini pun bisa menjadi ladang kebaikan bagi seorang muslim untuk berdakwah kepada masyarakat dan mengarahkan mereka.

5. Kekayaan Menjadi Salah Satu Yang Membuat Manusia Bahagia

Di dunia ini, Allah tidak melarang seorang muslim untuk kaya. Rasulullah sendiri menyatakan ada tiga hal yang membuat seseorang bahagia yakni pasangan yang sholeh atau sholehah, rumah yang luas dan kendaraan yang nyaman. Dua dari tiga poin tersebut tentu tak lain bisa dimiliki jika memiliki harta.

6. Menuntut Ilmu

Ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama ilmu agama. Tentu kita tahu bahwa ilmu tak datang sendiri, melainkan perlu diusahakan seperti membeli buku, mengikuti kajian ke berbagai daerah ataupun mendatangkan guru yang kompeten. Dan semua itu membutuhkan kekayaan.

7. Muslim Harus Menafkahi Keluarga Dan Mencukupkan Warisan

Seorang muslim haruslah tetap berikhtiar mencari kehidupan di dunia ini dan salah satu tujuannya adalah untuk menafkahi keluarga maupun mencukupi warisan. Bukankah menafkahi keluarga adalah perintah Allah bagi mereka yang telah berkeluarga dan berbuah pahala? Bukankah menyiapkan warisan merupakan anjuran yang juga diharuskan dalam agama agar tidak mewariskan kemiskinan? Jadi memiliki harta atau kaya bukanlah sebuah hal yang buruk, namun justru berpahala dan dianjurkan selama ada dalam jalan yang benar.

8. Muslim Yang Memiliki Kekayaan Mampu Menegakkan Ekonomi Syariah

Ekonomi yang berbasis syariah saat ini sangat sulit diterapkan lantaran sedikitnya para muslim yang menanamkan modalnya untuk ekonomi syariah dan lebih banyak pemodal non muslim yang melakukannya. Tak heran jika riba bertebaran dan tak terhindarkan. Karena itulah seorang muslim harus kaya guna mengembangkan ekonomi syariah yang tentunya diridhoi oleh Allah.

9. Muslim Yang Kaya Bisa Membangun Sarana Umat

Pembangunan seperti untuk tempat ibadah ataupun sarana umum demi kemaslahatan umat memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Karenanya seorang muslim harus kaya agar bisa menjadi jembatan untuk kesuksesan pembangunan tersebut.

Jika para muslim kaya dan sadar bahwa kekayaannya untuk kepentingan agama, maka tidak ada yang namanya peminta-minta di jalan untuk pembangunan masjid yang sebenarnya justru menghinakan umat Islam sendiri. Bandingkan saja dengan Kristen yang tidak sedikit pun meminta sumbangan di jalanan untuk pembuatan gereja.

10. Menunjukkan Posisi Umat Islam Di Mata Dunia

Pandangan sebelah mata kepada negara-negara yang sebagian besar dihuni oleh umat islam memang menjadi persoalan yang harus diperhatikan oleh kaum muslim. Sehingga umat islam harus kaya agar memiliki kedudukan dan pengaruh di mata dunia luar.

Baca Juga:


Itulah 10 alasan seorang muslim harus kaya. Ketahuilah bahwa 9 dan 10 sahabat yang dijamin masuk surga adalah para pedagang dan memiliki kekayaan. Karena itu jadilah pribadi muslim yang kaya harta dan ilmu yang diperoleh dari jalan yang benar serta menggunakannya dalam kebaikan. Wallahu A’lam