Jika Anak Bertanya Tentang 'Allah', Begini Jawabnya!




Sudah menjadi kewajiban sebagai orangtua untuk mendidik anak-anak dalam hal agama, terlebih lagi dalam mengenal Rabb mereka yang tak lain adalah Allah Ta’ala.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak seringkali memiki pemikiran yang kritis di usianya yang terbilang dini. Tak heran jika sebagian orangtua merasakan kewalahan ketika menghadapi pertanyaan anak seputar ‘Allah’.

Jika Anak Bertanya Tentang 'Allah', Begini Jawabnya!

Beberapa pertanyaan yang seringkali diungkapkan oleh anak-anak seperti, “Jika Allah berada di hati aku, hati bunda dan ayah, berarti Allah itu banyak” atau “Kalau Allah itu di langit, jauh dong dan tidak bisa mendengar aku di sini.”

Terkadang juga anak akan mempertanyakan bentuk Allah seperti ketika mengetahui bahwa Allah Maha Besar, maka pikiran anak-anak akan merasa bahwa hal tersebut berhubungan dengan bentuk fisik.

Banyak orangtua yang ketika mendapatkan pertanyaan tersebut akan menganalogikan atau mengibaratkannya dengan sesuatu. Meski begitu, tak jarang orangtua akan kewalahan sendiri dengan ucapannya karena kurangnya ilmu akan hal tersebut.

Ketahuilah sesungguhnya Allah telah menyiapkan kepada kita semua selaku orangtua bagaimana untuk menjawab setiap pertanyaan anak dan semuanya itu ada di dalam Al Qur’an.

Caranya adalah dengan mengikuti apa yang Allah lakukan untuk memperkenalkan diri-Nya kepada kita sebagai hamba-Nya.

“Allah, tidak ada Tuhan selain Dia.” (QS Al Baqarah 255)

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat.” (QS Al Baqarah 186)

“.. Sungguh, Dia Maha Mendengar Maha Dekat.” (QS As Saba 50)

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS Qaaf 16)

“Dan Kami lebih dekat kepadanya (nyawamu) daripada kamu. Tapi kamu tidak melihat.” (QS Al Waqiah 85)

“Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Hadid 4)

“Dan tiada ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka, dimanapun mereka berada.” (QS Al Mujadilah 7)

“Dan milik Allah timur dan barat, kemanapun kamu menghadap di sanalah wajah Allah. Sungguh Allah Maha Luas Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah 115)

“Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS Al Baqarah 29)

“Maka rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh DIa Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS Al Mulk 13)

Itu beberapa pernyataan Allah untuk mengenalkan diri-Nya kepada kita semua dan kita pun bisa menerangkan hal tersebut kepada anak-anak. Jangan berpikir bahwa bahasa Al Qur’an terlalu tinggi untuk anak-anak karena sesungguhnya Qur’an sendiri adalah rahmat untuk seluruh alam dan menjanjikan kemudahan bagi yang ingin memahaminya.

Yang terpenting adalah niatkan mendidik anak ikhlas karena Allah dan senantiasa mendoakan mereka. Wallahu A’lam

Baca Juga: